Diskominfo Kaltim Sosialisasi Literasi Digital di Kabupaten Paser

Tana Paser – Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim menggelar sosialisasi literasi digital bagi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Paser, Selasa (15/10/2024).

Kepala Diskominfo Kaltim, M. Faisal, mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka mengedukasi masyarakat agar memiliki kecakapan dalam penggunaan internet dan pemanfaatan media digital.

“Sosialisasi ini agar kita bisa memanfaatkan media digital untuk kegiatan positif dan membangun diri untuk hal-hal yang lebih baik,” kata Faisal.

Faisal mengemukakan, pada tahun 2024 penetrasi internet atau pengguna internet di Kaltim mencapai 80,63%, atau sekitar 3 juta orang lebih, meski masih ada 25% wilayah yang blank spot.

Menurutnya Literasi Digital di Provinsi Kaltim menduduki peringkat tiga nasional.

Oleh karena itu tingginya pengguna internet di Kaltim harus diimbangi dengan kualitas literasi digital yang positif.

Mewakili Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Paser, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Arief Rahman, mengatakan tantangan di ruang digital semakin besar dengan adanya konten-konten negatif yang terus bermunculan.

Saat ini, kata dia, kejahatan di ruang digital terus meningkat seperti hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perudungan siber, ujaran kebencian, radikalisme.

“Kejahatan tersebut perlu terus diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Arief.

Literasi digital ini, katanya, merupakan tugas pemerintah daerah bersama masyarakat. Oleh karena itu ia mengajak agar semua pihak dapat menjaga ruang-ruang digital dari kejahatan yang mengancam keutuhan bangsa melalui konten-konten positif, mendidik, menyejukkan, dan konten yang menyerukan perdamaian.

Ia mengapresiasi Diskominfo Kaltim yang telah menggelar kegiatan literasi digital dan berharap terus dilakukan kolaborasi dengan Diskominfostaper Paser.

Dalam kegiatan sosialisasi ini Diskominfo Kaltim menghadirkan narasumber dari Universitas Gunadarma dan Icon Plus.

Pewarta: Mahmud, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *