Diskominfostaper Paser akan Pasang 10 Unit CCTV di Kota Tanah Grogot

Tana Paser – Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostaper) Kabupaten Paser, Arief Rahman, memimpin rapat pembahasan penentuan titik pemasangan unit Closed-Circuit Television (CCTV), di ruang Command Center komplek perkantoran Km5, Selasa (16/7).

Rapat tersebut diikuti Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Paser AKP Toni Joko Purnomo, Kepala Satpol PP Paser M. Guntur, dan perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Pemasangan CCTV di beberapa tempat di Kota Tanah Grogot dalam rangka penerapan Paser smart city,” kata Kabid Teknologi Komunikasi Informatika Diskominfostaper, Siti Marnita Sari.

Ia mengatakan pengadaan 10 unit CCTV dianggarkan pada APBD-Perubahan tahun 2024. “Besok kami akan survei lokasi-lokasinya,” ujarnya.

Kepala Satpol PP Paser, M. Guntur, mengatakan keberadaan unit CCTV di Kota Tanah Grogot untuk mendukung tugas Satpol PP dan kepolisian dalam memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat.

“Adanya CCTV ini akan meringankan pengawasan kami,” katanya.

Terkait lokasi, Guntur mengusulkan pemasangan CCTV di pasar Senaken, Taman Kota, depan Kandilo Plaza arah jalan R.A Kartini, sekitar SPBU, Gentung Temiang, jembatan sungai Tuak yang mengarah ke wisata belanja, dan Jalan Yos Sudarso atau kawasan Siring Kandilo.

Menurutnya lokasi-lokasi tersebut merupakan lokasi yang rawan terjadinya gangguan ketertiban dan ketentraman masyarakat.

“Kalau di jalan Yos sudarso memudah kan kami mengawasi pedagan kaki lima, kerena kami melarang mereka untuk berdagang di daerah tersebut,” ucap Guntur.

Sementara Kasatlantas Polres Paser, AKP Toni Joko Purnomo, menambahkan selain lokasi-lokasi yang telah disebutkan di atas, pihaknya juga menguslkan penempatan unit CCTV di Perumahan Tapis.

“Kami usulkan dipasang CCTV di Perumahan Tapis. Untuk di sepanjang Tepian Kandilo minimal terpasang tiga unit CCTV,” tuturnya.

Pewarta: Ahwan, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *