Lomba Kelurahan, Long Ikis 5 Besar Terbaik Regional Kalimantan-Sulawesi

Tana Paser – Tim Penilai lomba desa/kelurahan tingkat nasional melakukan klarifikasi lapangan di Kabupaten Paser, Selasa (27/8/2024), menyusul ditetapkannya Kelurahan Long Ikis sebagai 5 besar terbaik pada regional III wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Untuk bisa bersaing di tingkat nasional, harus masuk dalam 3 terbaik di tingkat regional.

Tim meninjau beberapa lokasi inovasi antara lain pasar Sipakot buen (sistem pengelolaan pasar yang bersih maju tertib dan aman) dengan UMKM KKD (kuman kuman dile) serta pemanfaatan limbah dari bahan sayuran dan buah di kelurahan itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Katsul Wijaya dan perangkat daerah serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan turut mendampingi penilaian.

Katsul Wijaya mengatakan penjaringan desa dan kelurahan melalui lomba desa merupakan salah satu bentuk evaluasi penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan kewilayahan dan kemasyarakatan.

Kelurahan Long Ikis, kata Katsul, telah ditetapkan sebagai juara 1 lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kaltim dan mewakili provinsi di lomba tingkat nasional.

“Dengan pencapaian prestasi ini kami berharap seluruh elemen kelurahan, masyarakat, dan stakeholder terkait dapat mendukung untuk meraih prestasi yang lebih baik di tingkat nasional,” katanya.

Inovasi yang telah dijalankan di Kelurahan Long Ikis antara lain Sipakot Buen yakni sistem pengelolaan pasar yang bersih maju tertib dan aman, Teras Kopi Bayoskuraw, KKD Long Ikis atau Kuman Kuman Dile, dan Sipetanduk (Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan),

Kelurahan Long Ikis juga memiliki program sidang keliling, pemberian souvernir dan bahan makanan tambahan pada bayi dan balita di posyandu, Jumat bersih, dan Jumat Bugar.

Ada juga program Nuntun Ulun Mekong yakni program menjenguk warga yang sakit, pemberian penghargaan dan sanksi bagi pegawai kantor Kelurahan Long Ikis, dan program pembinaan kelompok dasawisma.

“Kami optimis Kelurahan Long Ikis bisa bersaing pada lomba desa tingkat nasional,” ujar Katsul.

Lurah long Ikis, Ika Fristyawati, mengaku bangga dengan raihan yang telah dicapai Kelurahan Long Ikis pada lomba desa tingkat nasional tahun ini.

“Ini adalah kerjasama dan dukungan atas segala pihak khususnya masyarakat kelurahan longikis dan Pemerintah Kabupaten Paser serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Pada tahapan ini, lanjut Ika, Kelurahan Ikis ingin membuktikan bahwa wilayahnya mampu bersaing dengan wilayah-wilayah di daerah lain.

“Kami ingin membuktikan dan menunjukkan bahwa kelurahan longikis layak dan pantas lolos 3 besar menuju tahapan selanjutnya,” ucap Ika.

Ketua Tim Penilai, Sigit Andi Rahman, mengatakan penilaian lomba dilakukan secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Dalam lomba ini ia menyebut Kelurahan Long Ikis ditetapkan sebagai 5 terbaik di wilayah regional III mencakup Kalimantan dan Sulawesi. Total ada 2438 kelurahan yang berada di regional tersebut.

“Lomba ini untuk menilai pelayanan pada masyarakat untuk kedepan lebih baik dan sejahtera maka dari itu diperlukan SDM dan perangkat yang berkualitas inovatif kreatif dalam mengelola sumber daya masyarakat,” ucapnya.

Hasil dari penilaian akan dipaparkan kepada tim juri dari akademisi, Kemendagri, Kemenparekraf, Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian Koperasi dan UKM, Sekretariat Negara, Pengurus LPM Pusat, dan tim Penggerak PKK Pusat.

Pewarta: Madi, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://iainpalopo.ac.id/https://perbarindo.org/https://itj.jakartamrt.co.id/https://www.delejcotebavi.com/https://karir.itb.ac.id/https://heartlandcomputer.com/https://www.beritabadung.id/https://www.bsn.go.id/https://kan.or.id/