Momentum Hari PMI, Tingkatkan Kepedulian Terhadap Sesama

TANA PASER – Tujuh belas hari setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, yaitu pada 3 September 1945, Presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Atas perintah Presiden, maka Dr. Buntaran yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kesehatan Republik Indonesia Kabinet I, pada 5 September 1945 membentuk Panitia 5 yang terdiri dari: dr R. Mochtar (Ketua), dr. Bahder Djohan (Penulis), dan dr Djuhana; dr Marzuki; dr. Sitanala (anggota).

Akhirnya Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibentuk pada 17 September 1945 yang di ketuai oleh Drs. Mohammad Hatta. Didalam satu negara hanya ada satu perhimpunan nasional, maka 16 Januari 1950 pemerintah belanda membubarkan NERKAI dan menyerahkan asetnya ke PMI. Pihak NERKAI diwakili oleh dr. B. Van Trich sedangkan dari PMI diwakili oleh dr. Bahder Djohan.

Skretaris Dinas  PMD Kabupaten Paser, Dr. Kasrani, M.Pd, menjelaskan “PMI merupakan organisasi yang didirikan untuk membantu sesama dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat. Organisasi ini memiliki tujuan mulia untuk membantu korban bencana alam, memberikan bantuan kesehatan, serta melakukan kegiatan sosial lainnya”.

Kasrani menambahkan ‘Kami  memberikan penghargaan dan  sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh perkumpulan PMI untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi semua, dalam membangun kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitar, tentu ini sejalan dengan Visi Bupati Paser  dalam mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)

Kasrani juga berharap “Kedepan Struktur Kepengurusan  PMI tidak hanya sampai di Kecamatan tapi juga diharapkan sampai ke desa, tentu ini semua dalam rangka mewujudkan  tujuan PMI melalui  prinsip dasar  PMI yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan”.

Kasrani menyampaikan “Ucapan Selamat Hari PMI Tahun 2024, semoga PMI  sebagai Mitra Pemerintah selalu Jaya, sukses  dan selalu memberikan  pelayanan terbaik  dalam bantuan Kesehatan serta kegiatan  sosial lainnya dalam membantu sesama dan masyarakat luas, dengan semangat hari PMI kita tingkatkan kepedulian terhadap sesama, dan Bersama-sama mewujudkan Indonesia EMAS 2045”. Mengakhiri penjelsannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *