Obituari H.Abdurahman Parti, Dari Birokrat, Politisi Hingga Pendidik

Ketua DPRD Kabupaten Paser periode 1992-1997 H.Abdurahman Parti, tutup usia pada Rabu (10/7/2024) setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Panglima Sebaya, Tanah Grogot.


“Bapak sempat dirawat semalam di rumah sakit, ” kata Wawan, salah satu putra Abdurrahman Parti di rumah duka Jalan Lambung Mangkurat Tanah Grogot.
Abdurrahman Parti akan dikebumikan pada Hari Kamis (11/7) di tempat pemakaman umum (TPU) Semumun Tanah Grogot.

Abdurrahman Parti lahir di Berau pada 24 Agustus 1933. Ia dikenal sebagai sosok birokrat, politisi dan pendidik.


Sebagai seorang birokrat, Abdurrahman Parti pernah menduduki jabatan karir tertinggi di Pemda Paser sebagai sekretaris daerah.


Setelah menduduki jabatan Sekda, Abdurrahman Parti kemudian menjabat Kepala Badan Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (disingkat BP7) Kabupaten Paser yang langsung bertanggungjawab kepada Gubernur Kaltim.


BP7 adalah lembaga negara Indonesia pada masa Orde Baru yang mengoordinasi pelaksanaan pendidikan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), sebuah pendidikan nilai-nilai Pancasila yang diterapkan pada masa orde baru.


Setelah pensiun sebagai birokrat, Abdurrahman Parti kemudian terjun ke dunia politik dengan menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Paser. Jabatan ketua partai berlambang pohon beringin ini mengantarkan Abdurrahman Parti menjadi anggota legislatif dan menduduki jabatan Ketua DPRD Paser.


Dimata Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Paser Ikhwan Antasari, Abdurrahman Parti adalah sosok politisi pekerja keras. Karena itu, ia dipercaya memimpin Partai Golkar Kabupaten Paser selama dua periode.


“Beliau sosok pekerja keras dan panutan kami, Bahkan diakhir sisa hidupnya, dia masih aktif di yayasan yang dipimpinnya, Kami Partai Golkar dan masyarakat Kabupaten Paser merasa kehilangan, ” kata Antasari.


Selain sebagai politisi, Abdurrahman parti juga dikenal sebagai seorang pendidik di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Praja (STIE WP ), perguruan tinggi dimana Abdurahman Parti merupakan salah satu pendirinya.


“Beliau mengajar mata kuliah Pancasila, ” Kata Dedy Dharmawan, Kepala Sub Bagian Kemahasiswaan STIE WP.


Abdurahman Parti juga sering diundang sebagai nara sumber dalam seminar atau sosialisasi yang bertemakan wawasan kebangsaan.


Riwayat Jabatan Abdurrahman Parti

– Sekretaris Daerah Kab. Paser th. 1980
– Kepala BP 7 Kabupaten Paser
– Ketua DPRD Paser 1992 – 1997
– Ketua DPD Partai Golkar Paser 1988 – 1998
– Ketua yayasan Tri Sukses Golkar 2006 – 2019
– Ketua Yayasan Tri Sukses Widya Praja Kab. Paser 2019 – 2024
– Ketua Yayasan Ponpes Al-Ikhsan Al Islamiyah Desa Senaken
– Ketua PWRI Kabupaten Paser

Pewarta : Ropii Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *