Paser Bangun 30 Unit RLH dari Program Pemrov Kaltim

TANA PASER – Program Pemprov Kaltim bersama Kodam Mulawarman berupa pembangunan Rumah Layak Huni (RLH) sebanyak 3 ribu sampai 5 ribu rumah perlahan terwujud. Salah satunya di Kabupaten Paser yang akan membangun 30 unit rumah. Pembangunan yang tanpa memakai APBD itu bekerja sama dengan perusahaan di Kaltim, untuk di Paser perusahaan yang menggelontorkan anggaran adalah PT Kideco Jaya Agung (Kideco).

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan pembangunan ini dilaksanakan oleh anggota TNI di bidang Zeni yang berpengalaman urusan pembangunan dan perlengkapan. Efisiensi anggaran bisa dilakukan jika yang melaksanakan pembangunan dari TNI.

Khusus di Paser progresnya sudah ada 10 unit yang selesai, 10 unit dalam progres, dan 10 unit akan di mulai. Isran meresmikan salah satunya yang sudah selesai yaitu di Desa Batu Botuk Kecamatan Muara Samu, bersama jajaran pejabatnya, dan juga Bupati Paser Fahmi Fadli yang hadir bersama pejabatnya.

Isran mengatakan indikator daerah masih miskin adalah masih banyak warga rumahnya yang tidak layak. Ini lah salah satu mengapa program ini dibuat. Isran mengapresiasi Kideco yang bersedia membangun 30 unit dengan anggaran Rp 3,4 miliar.

“Kideco hebat, lebih besar bantuannya dari pada perusahaan tambang lain di Kaltim seperti KPC. Padahal produksi batu baranya lebih besar KPC,” kata Isran, Minggu (24/9).

Total tahun ini ditargetkan ada 508 unit RLH terbangun di Kaltim,372 unit sudah selesai atau progres 73 persen. 224 unit sudah terealisasi diserahkan ke masyarakat. Jenis RLH berupa konstruksi kayu dan beton.

Isran berpesan ke Bupati Fahmi, bahwa program ini harus dilanjutkan. Banyak pengusaha atau perusahaan besar di Paser, seperti perusahaan perkebunan kelapa sawit, kontraktor konstruksi dan lainnya.

“Jangan minta uangnya, tapi programnya yang langsung dirasakan masyarakat manfaatnya seperti ini. Sudah jelas di undang-undang bahwa 2 sampai 5 persen keuntungan bersih perusahaan untuk program CSR,” kata Isran.

Bupati Paser Fahmi Fadli menyampaikan selamat datang di Muara Komam. Kami yakin akan memberikan berkah dan rezeki buat masyarakat. Kedatangan ini membawa bantuan bantuan dari berbagai OPD di provinsi. Ini tidak hanya secara formal, tapi langsung diserahkan oleh gubernur.

Kedatangan gubernur kali ini untuk bertemu langsung dengan masyarakat. Ini sangat kami apresiasi.

Dandim 0904/Paser (PSR) Letkol Inf Ary Susetyo menyampaikan sudah 10 rumah selesai pembangunan. Sembilan rumah jenis beton ukuran 36 dan satu rumah jenis kayu ukuran 46. Semua diberikan kepada orang tidak mampu, para buruh lepas salah satu contohnya.

“Pembangunan selanjutnya untuk 6 rumah tipe beton dan 4 rumah tipe kayu Kami harap ke depan program ini bisa ditambah lagi oleh Kideco,” kata Letkol Ary

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *