Edukasi Generasi Muda, DLH Paser Gelar Pemilihan Putra Lingkungan Hidup

Tana Paser – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser menggelar pemilihan putra-putri lingkungan hidup tingkat SMP dan SMA sebagai pionir generasi muda yang peduli terhadap lingkungan.

Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda dapat menyampaikan ide, gagasan dan aksi nyata untuk ikut aktif dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sekaligus sebagai wadah bagi mereka untuk menyalurkan kreatifitas, pemikiran, gagasan, pengalaman dan aksi nyata dan kepedulian dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Ajang ini untuk mengedukasi, salah satu cara kita dalam mewujudkan generasi muda yang peduli dengan lingkungannya,” kata Kepala DLH Paser, Achmad Safari, di Tanah Grogot, Kamis (25/7/2024).

Safari menilai dilibatkannya generasi muda dalam mengkampanyekan pelestarian lingkungan dikarenakan mereka mudah membaur dan berinteraksi.

Ia berharap nantinya akan bermunculan banyak komunitas muda yang peduli terhadap kelestarian lingkungan, budaya bersih dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

“Dengan begitu tujuan kita untuk mengajak masyarakat agar peduli dengan lingkungannya semakin cepat terimplementasi,” ujar Safari.

Ketua Panitia Pemiihan Putra-Putri Lingkungan Hidup, Eko Yuniantonosa, mengatakan dari puluhan pendaftar, akan dicari 5 orang putra dan 5 orang putri di setiap jenjang pendidikan.

“Kedepannya nanti yang teripilih bisa menjadi motivasi buat teman-temannya yang lain untuk menjaga lingkungan,” kata Eko.

Ada beberapa tahapan dalam seleksi ini antara lain tes wawasan Lingkungan, kelas pintar, dan wawancara kemampuan peserta terkait lingkungan hidup.

Sebagai duta lingkungan, mereka diuji pengetahunnya tentang pengelolaan sampah B3, pencemaran lingkungan, fungsi hutan dan kawasan hutan, kerusakan hutan, keanekaragaman hayati, penghargaan Adiwiyata, hingga isu tentang bencana alam dan dampaknya bagi lingkungan.

Kegiatan ini, lanjut Eko, merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-dunia tahun 2024. Beberapa kegiatan digelar mulai dari lomba cerdas cermat hingga lomba kebersihan sekolah.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *