HKP Tingkatkan Budaya Baca Wujudkan Generasi Literasi Menuju Indonesia EMAS

TANA PASER – Tiga hari yang lalu tepatnya hari Sabtu, tanggal 14 September 2024 diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan (HKP) Nasional. Hal tersebut telah ditetapkan sejak masa pemerintahan Orde Baru dengan ditantanganinya Surat Kepala Perpustakaan Nasional RI yaitu Mastini Hardjoprakoso terkait dengan pencanangan Hari Kunjungan Perpustakaan oleh Soeharto selaku Presiden pada masa itu.

Pencanangan HKP berasal dari ide Mastini Hardjoprakoso. Dirinya sempat menuliskan pendapatnya yang menyebutkan bahwa Indonesia pernah menjadi negara yang dapat dikategorikan aktif dalam menerbitkan berbagai judul buku. Pernyataan itu didukung dengan penjelasannya terkait Soekarno dan kegilaan Bung Karno  tersebut terhadap membaca buku.

Pada masa Soekarno tersebut pula lah tak sedikit usaha-usaha penerbitan dan buku terus menjamur di berbagai wilayah Indonesia, bahkan hingga mendapatkan perhatian pihak dari luar negeri, salah satunya Amerika Serikat dan Australia. Keduanya membuka perpustakaan nasionalnya masing-masing di Indonesia.

Semakin memudarnya semangat yang dibawa dari masa sebelumnya tersebut, memberikan dorongan kuat untuk Mastini menuliskan surat permohonannya kepada Presiden Soeharto guna menetapkan HKP yang masih kita peringati hingga sekarang  ini

Menurut Ketua Pokja Literasi Kabupaten Paser, Dr. Kasrani, M.Pd, “dengan diperingatinya HKP di setiap tahunnya, diharapkan pembiasaan berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku perlahan terus tertanam menjadi pembiasaan di kalangan masyarakat luas. Masyarakat terbiasa berkunjung keperpustakaan, yang secara tak langsung juga akan semakin meningkatkan budaya gemar membaca.” Ujarnya

Kasrani menambahkan “Para Pengelola Perpustakaan dalam rangka  HKP  harius mampu temakin menghidupkan kembali perpustakaan tentu dengan berbagai program antara lain, membuat lomba-lomba di Perpustakaan, program unik seperti perpustakaan online, membuat program pelatihan geratis, Melaksanakan Konser Lierasi serta Pameran Buku.” Katanya.

Kasrani mengingatkan “Keberhasilan HKP tentu juga tidak  bisa diserahkan sepenuhnya kepada Pengelola, tapi dukungan dari Pemerintah, swasta,  pegiat literasi, pustakawan, pejuang literasi, Aparatur Desa, guru, orang tua serta Masyarakat sangat menentukan.” ujarnya

Kasrani juga mendukung  upaya pemerintah  menjalankan program pembangunan perpustakaan di wilayah-wilayah di Indonesia  dengan menyediakan perpustakaan keliling serta membuka selebar-lebarnya akses membaca literatur di tempat-tempat umum. Selamat Hari Kunjung Perpustakaan, mari kita wujudkan Generasi Literat  Menuju Indonesia EMAS 2045.” Menhakhiri penjelsannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *