Kukuhkan Pengurus Ranting, PMI Paser Komitmen Kaderisasi Relawan

Tana Paser – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paser, Yatiman, mengukuhkan pengurus ranting PMI di 8 kecamatan masa bakti 2024-2029, di Gedung Putih SMA 1 Tanah Grogot, Senin (2/9/2024). Pengurus di dua kecamatan yakni Tanah Grogot dan Long Ikis telah dikukuhkan.

Sebagai perpanjangan tangan kepengurusan tingkat kabupaten, Yatiman mengapresiasi dedikasi para pengurus pada kegiatan sosial dan kemanusiaan.

“Sebagai penggerak sosial, mari kita kedepankan misi sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat Kabupaten Paser,” ucap Yatiman.

Ia menyebut dibentuknya pengurus di kecamatan agar PMI mampu menjalankan misi kemanusiaan dengan selalu hadir pada setiap kegiatan sosial di seluruh kecamatan, khususnya saat terjadi bencana.

Sejak dilantik pada 24 April 2024 lalu, Yatiman bertekad akan meningkatkan kaderisasi melalui pendidikan latihan dasar kepada 1.000 relawan PMI agar mereka terampil saat melakukan aksi kemanusiaan.

“Jangan sampai saat bertugas justru kita sebagai relawan yang menjadi korban,” pesannya.

Salah satu kegiatan pemberdayaan relawan yang dilakukan PMI yakni kegiatan Jumpa, Bakti & Gembira (Jumbara) Kabupaten bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) dari tingkat SD hingga SMA di Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot pada 15 – 17 September 2024.

“Sekitar 300 peserta yang akan berpartisipasi di kegiatan tersebut,” katanya.

PMI Paser melalui Unit Donor Darah (UDD), lanjut Yatiman, juga berkomitmen meningkatakan pelayanan donor darah guna mendukung kebutuhan darah pada RSUD Panglima Sebaya.

“UDD PMI Paser saat ini memiliki gedung pelayanan yang dilengkapi dengan peralatan lebih canggih. Diharapkan ini dapat meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan darah di rumah sakit,” kata Yatiman.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *