Bupati : Pembangunan WTP oleh PT. Kideco Sejalan Dengan Misi Kabupaten Paser

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan pembangunan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) oleh PT. Kideco Jaya Agung yang ditandai dengan groundbreaking di Desa Sungai Terik ini, sejalan dengan salah satu dari sembilan program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, yaitu penyediaan sarana air bersih bagi seluruh masyarakat Paser.

“Hal ini juga selaras dengan upaya mewujudkan misi ketiga Kabupaten Paser yaitu Mengurangi ketimpangan antar wilayah melalui peningkatan aksesibilitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,” kata Bupati Fahmi Fadli, Sabtu (7/9/2024).

Kali ini PT. Kideco menghadirkan fasilitas penyediaan air bersih berupa WTP di Desa Sungai Terik, untuk bisa dinikmati oleh masyarakat Kecamatan Batu Sopang di lima desa, diantaranya Desa Sungai Terik, Batu Kajang, Kasungai, Legai dan Desa Songka.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Direktur PT. Kideco Jaya Agung beserta jajaran yang telah bersedia membantu Pemkab Paser dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Bupati menerangkan, daya jangkau Perumda Air Minum Tirta Kandilo tidak masih belum bisa menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Paser, untuk itu diperlukan bantuan dari pihak lain untuk membantu pemerintah menghadirkan air bersih sehingga layak untuk dikonsumsi.

Menurutnya, kehadiran WTP di Desa Sungai Terik ini perlu diapresiasi, meskipun hal ini belum bisa menjawab semua tuntutan masyarakat untuk menghadirkan fasilitas air bersih.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah WTP ini beroperasi adalah ketersediaan air baku, penurunan tingkat kehilangan air, minat masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini, komitmen bersama dalam pemeliharaan, dan distribusi yang merata.

“Hal yang lebih penting selalu dipastikan bahwa air yang dikonsumsi harus lebih sehat, pasokan air bersih tetap terjaga, bebas dari pencemaran, dan warga bisa menghemat pengeluaran untuk keperluan air,” pungkasnya.

Di penghujung acara dilakukan pemontongan tumpeng sebagai tanda peresmian pembangunan WTP di Desa Sungai Terik Kecamatan Batu Sopang oleh Kideco Jaya Agung.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan sertifikat penghargaan oleh Direktur PT. Kideco Jaya Agung, M. Kurnia ArIawan kepada Bupati Paser, dr. Fahmi Fadli, Ketua DRPD Paser, Hendra Wahyudi, Sekretaris Daerah yang juga sebagai Ketua KONI Paser, Katsul Wijaya, beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atas partisipasinya dalam memeriahkan Kideco Run beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *