Pemkab Paser Akan Relokasi 60 Pedagang Wisbel ke Kawasan Wisata Terpadu

Tana Paser, MCKabPaser – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser akan merelokasi 60 pedagang di area wisata belanja yang berada di Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot, ke kawasan wisata terpadu dan pusat olahraga (sport center) di Desa Sungai Tuak.

“Tahun ini Kabupaten Paser mendapat alokasi anggaran dari Bantuan Keuangan Provinsi Kaltim sebesar Rp10 Miliar untuk pembangunan wisata terpadu Sungai Tuak,” kata Kabid Pengembangan Kepariwisataan pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Arya Widhiyasa, Rabu (23/02/2022).

Arya menyebut anggaran sebesar Rp10 Miliar tersebut digunakan untuk relokasi 60 pedagang di wisata belanja dan serta pembangunan kios baru serta tempat bermain di pusat wisata Sungai Tuak.

“Dana Rp10 Miliar kita fokuskan untuk relokasi pedagang dan bangun satu segmen terlebih dahulu yaitu pembangunan kios untuk 60 pedagang yang direlokasi, dan arena bermain,” katanya.

Secara keseluruhan kata Arya, pembangunan area wisata terpadu Sungai Tuak itu menelan anggaran sebesar Rp30 Miliar.

Di area tersebut nantinya, kata dia, akan dibangun fasilitas taman bermain sarana olahraga terbuka (outdoor) seperti lapangan takraw, voli, dan lapangan basket.

Saat ini, lanjut Arya, Disporapar Paser masih menunggu pencairan anggaran Bankeu Rp10 Miliar itu.

“Setelah itu proses akan dilakukan relokasi, rencananya para pedagang kami relokasi pada akhir tahun, sekaligus peresmian tempatnya bersamaan dengan Hari jadi Kabupaten Paser,” ucap Arya.

Jika nanti proses relokasi 60 pedagang telah dilakukan, wisbel di Jalan Jenderal Sudirman Tanah Grogot akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *