Semarakkan HUT ke-79 RI, Pemkab Paser Bagikan 3.200 Bendera Merah Putih

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser membagikan 3.200 bendera merah putih kepada pelajar tingkat SD hingga perguruan tinggi, kantor kecamatan, dan masyarakat dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang mengusung slogan “Nusantara Maju Indonesia Maju”.

Pembagian bendera secara simbolis dilakukan pada apel yang dipimpin Bupati Paser Fahmi Fadli di halaman kantor Bupati, Senin (12/8/2024).

Dalam sambutannya, Bupati Fahmi mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan rasa nasionalisme bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan salah satu bentuk perwujudan rasa syukur atas Kemerdekaan Indonesia,” kata Bupati Fahmi.

Menurutnya pengibaran bendera merah putih penggambaran semangat pejuang para pahlawan bangsa yang dengan gagah berani melawan para penjajah.

“Untuk mengenang seluruh pengorbanan para pejuang tentu kita sebagai generasi penerus bangsa terpanggil untuk mengibarkan bendera merah putih diberbagai momen, apalagi di bulan Agustus bulan Kemerdekaan Republik Indonesia,” imbuh Bupati Fahmi.

Pada beberapa tahun belakangan ini, kesadaran masyarakat dalam memasang bendera pada hari hari besar Nasional terkesan mulai berkurang. Hal ini tidak terlepas dari persoalan yang tengah kita hadapi saat itu yakni pandemi covid-19.

Kondisi ini juga disebabkan adanya pergeseran nilai budaya akibat akses internet yang terlalu bebas, membuat generasi muda cenderung lupa bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa.

“Kita tidak ingin semua itu harus terus berlanjut kita tidak ingin semangat Nasionalisme masyarakat Indonesia khususnya kabupaten Paser semakin berkurang,” tutur Bupati Fahmi.

Melalui gerakan pembagian bendera merah putih ini dapat menjadi momen lahirnya kembali memori perjuangan para pahlawan bangsa dan berharap agar bendera merah putih yang merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia dapat berkibar di seluruh penjuru negeri terutama di Kabupaten Paser.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Paser, Nonding, menyampaikan kegiatan ini terselenggara atas kalaborasi dan sinergitas seluruh komponen yang ada pada Pemerintah Kabupaten Paser.

“Tujuan dilaksanakannya pembagian bendera merah putih merupakan dukungan terhadap pencanangan pembagian 10 juta bendera se-Indonesia dalam rangka HUT ke-79 RI,” katanya.

Pewarta: Madi, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *