Komnasdik Kaltim : Minta Kemendikdasmen Masukan Dirjend PNFI Dalam Struktur Baru

TANA PASER – Pendidikan sesungguhnya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.  Pendidikan Non Formal/PLS  dalam Sistem Pendidikan Nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat masyarakat Indonesia dalam rangka upaya mewujudkan tujuan Nasional.

Melalui pendidikan dapat menciptakan tenaga kerja yang tidak hanya kaya akan pengetahuan teoretis melainkan juga praktis, penguasaan teknologi, dan memiliki keahlian khusus. Hal inilah yang kemudian menjadi dasar evaluasi dan peningkatan pendidikan di setiap negara secara berkesinambungan.

Ketua I Komnasdik Provinsi Kalimantan Timur, Kasrani Latief  menanggapi   pelantikan Menteri pada Kabinet Merah Putih mengatakan ”Kami berharap Menteri Pendidikan dasar dan Menengah Prof Dr Abdul Mu’ti Med,  harus mampu  mengakomodir kembali Pendidikan Non-Formal dan Informal (PNFI) dalam struktur organisasi  setingkat Dirjend sebagai Rumah Besar Pendidikan Non Formal dan Informal, mengingat direktorat jenderal PNFI periode sebelumnya dilebur”.

Kenapa perlu dibentuk Dirjend PNFI kembali, Kasrani Latief menjelaskan “Pendidikan nonformal, yang diselenggarakan di luar jalur pendidikan formal, memiliki potensi besar untuk menjawab berbagai tantangan pendidikan di Indonesia. Fleksibilitasnya dalam kurikulum, metode belajar, dan target peserta didik memungkinkan pendidikan nonformal untuk menjangkau kelompok-kelompok masyarakat yang belum tersentuh oleh pendidikan formal, seperti anak-anak putus sekolah, penyandang disabilitas, dan masyarakat di daerah terpencil.

Kasrani Latief menambahkan “Pendidikan nonformal juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesenjangan mutu pendidikan di Indonesia. Melalui program-program yang berfokus pada pengembangan keterampilan vokasi, kewirausahaan, dan soft skills, pendidikan nonformal dapat membekali individu dengan kemampuan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja dan menjadi pribadi yang mandiri”.

Kasrani Latief mengingatkan “Dengan kembalinya Rumah Besar PLS berupa Dirjend PNFI, akan lebih leluasa dalam menyusun program dan kegiatan dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dalam mempersiapkan generasi EMAS”.

Selamat atas Pelantikan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah  Prof Dr Abdul Mu’ti MEd,, semoga akan membawa  Pendidikan  di Indonesia lebih maju dalam mewujudkan generasi EMAS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *