Gunung Boga dinilai Dalam Panji Keberhasilan Pembangunan Pariwisata

TANA PASER, MCKabPaser – Objek wisata gunung boga di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser, masuk dalam penilaian panji keberhasilan pembangunan daerah di bidang pariwisata.

Penilaian itu dilakukan tim juri dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, di ruang rapat Telake Sekretariat Daerah Kabupaten Paser, Rabu (11/11/2020).

Salah satu juri, Abdul Rachim mengatakan panji keberhasilan dengan melibatkan seluruh objek wisata seluruh daerah di Kalimantan Timur.

Ia menjelaskan terdapat beberapa indikator keberhasilan pariwisata diantaranya objek wisata tersebut unggul dibanding objek wisata di daerah lain.

“Selain itu harus kompetitif, artinya dapat bersaing dengan tempat wisata lain. Kemudian, ada keterlibatan masyarakat di dalamnya,” jelasnya.

Abdul Rachim menambahkan, selain semua indikator tersebut, ada juga indikator yang perlu dipertimbangkan yaitu ketertarikan masyarakat.

“Wisatawan untung gak kesana. Makanya dalam promosi harus kita sebutkan data termasuk biaya yang dikeluarkan untuk bisa sampai di sana,” katanya.

Ia menilai gunung boga merupakan objek wisata yang memiliki potensi untuk dikembangkan karena sudah dikenal luas masyarakat.

“Gunung boga, bisa diikutkan karena viral dan komperatif,” katanya.

Ia mengatakan ada tiga pilar utama dalam pengembangan sektor pariwisata yaitu pemerintah, pengusaha, dan masyarakat.

“Harus mensejahterakan masyarakat,dan keterlibatan pengusaha, seperti pembanguanan atau harus diikutkan,” katanya.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Total Views: 593 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *