Bawaslu Paser Jalin Kerjasama Pengawasan Pemilu dengan Universitas Muhammadiyah Kaltim

Tana Paser – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Paser menjalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) terkait pengawasan partisipatif pemilu 2024.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Bawaslu Paser Aprianto Abdullah dan Dekan Fakultas Bisnis Digital dan Pertanian UMKT, Asman, MP, di hotel Kyriad Sadurengas, Rabu (09/11).

“Ada beberapa kerjasama yang kita jalin, salah satunya tentang keterlibatan mahasiswa UMKT dalam pengawasan partisipatif untuk Pemilu serentak 2024,” kata Ketua Bawaslu Paser Aprianto Abdullah.

Melalui kerjasama itu, lanjut Aprianto, nantinya Bawaslu Paser akan bertukar informasi tentang kepemiluan dengan UMKT.”Kita juga akan melakukan kegiatan edukasi, kegiatan seminar tentang pengawasan pemilu. Kedepan beragam kegiatan Bawaslu bisa kita kolaborasikan dengan UMKT,” ucapnya.

Sementara Dekan Fakultas Bisnis Digital dan Pertanian UMKT, Asman, MP mengatakan sebagai masyarakat kampus, mahasiswa memiliki peran pengawasan di masyarakat untuk memastikan pemilu berjalan baik.

“Kita punya andil untuk sukseskan pemilu. Perlu sinergi antara penyelenggara dan masyarakat kampus,” ucapnya.

Asman berharap kolaborasi UMKT dan Bawaslu terus berlanjut melalui kegiatan-kegiatan edukasi.”Karena para mahasiswa ini banyak pemilih pemula yang perlu diedukasi tentang kepemiluan,” ujarnya.

Komisioner Bawaslu Paser Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan antar Lembaga, Fauzan mengatakan kerjasama dengan UMKT dalam rangka mendukung fungsi Bawaslu, yakni pencegahan dan pelanggaran Pemilu.”Ujung-ujungnya adalah menghasilkan pemilu berkualitas, tingginya partisipasi pemilih yang menggunakan hak suaranya dengan cerdas tanpa politik uang dan mobilisasi massa,” katanya.

Fauzan berharap melalui kerjasama UMKT meningkatkan pengawasan pemilu di kalangan mahasiswa.”Dengan pengawasan partisipatif membuat kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggara pemilu meningkat, pemilu pun berjalan sukses,” ucapnya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 22 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *