Desa Keladen Gelar Rembuk Stunting Wujudkan Desa Sehat dan Kuat

Tana Paser – Pemerintah Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser menggelar kegiatan rembug stunting dengan tema “Bersama Membangun Desa Kuat dan Sehat Tanpa Stunting”, Rabu (23/10/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan di balai desa Keladen ini dihadiri aparatur desa, kader Posyandu, anggota PKK, dan tokoh masyarakat setempat.

“Pemerintah desa berkomitmen mendukung program nasional penurunan angka stunting. Oleh karena itu pentingnya sinergi antara pemerintah desa, tenaga kesehatan, dalam membangun desa yang kuat dan sehat tanpa stunting,” kata Sekretaris Desa Keladen, Najmawati, saat membuka kegiatan tersebut.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber antara lain Dr. Nur Raisah Ulfah, dokter umum pada Puskesmas Kecamatan Tanjung Harapan dan Mardiana, Ahli Gizi Puskesmas Tanjung Harapan.

Nur Raisah menyampaikan materi tentang pentingnya upaya preventif dalam pencegahan stunting melalui deteksi dini dan perawatan kesehatan ibu dan anak.

Sementara itu, Mardiana, memaparkan pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang untuk tumbuh kembang anak, terutama dalam 1000 hari pertama kehidupan.

Darwansa, S.Pi, Pendamping Desa Kecamatan Tanjung Harapan, menyoroti peran penting lembaga desa.

Menurutnya, Posyandu dan PKK memiliki kontribusi besar dalam penanganan stunting di tingkat desa.

“Posyandu dan PKK merupakan garda terdepan dalam mendeteksi dan menangani kasus stunting di masyarakat melalui kegiatan pemantauan pertumbuhan anak serta edukasi keluarga,” ujarnya.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi interaktif. Para peserta aktif bertanya dan berbagi pengalaman seputar tantangan dan solusi dalam pencegahan stunting di desa. Diskusi ini menghasilkan beberapa rekomendasi strategis yang diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pemerintah desa dan masyarakat dalam upaya bersama mengatasi stunting.

Kegiatan Rembug Stunting ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka, sehingga Desa Keladen dapat mewujudkan visi desa yang kuat dan sehat tanpa stunting.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://iainpalopo.ac.id/https://perbarindo.org/https://itj.jakartamrt.co.id/https://www.delejcotebavi.com/https://karir.itb.ac.id/https://heartlandcomputer.com/https://www.beritabadung.id/https://www.bsn.go.id/https://kan.or.id/