Dampak Inflasi, BPS Paser Lakukan Registrasi Sosial Ekonomi

Tana Paser – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Paser meluncurkan program Registrasi sosial ekonomi (Regsosek) untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi maupun tingkat kesejahteraan penduduk. Program Regsosek ini dimulai 15 Oktober – 14 November 2022.

“Program Regsosek ini dilatarbelakangi adanya kenaikan harga secara terus menerus atau inflasi, yang berdampak pada peningkatan kemiskinan. Ditambah pada tahun 2020-2021 secara nasional kita dihadapkan pada Covi19 dimana perekonomian mengalami kontraksi, pengangguran terbuka dan angka kemiskinan mengalami peningkatan,” kata Kepala BPS Paser Hotbel Purba saat dialog di Radio Swara Daya Taka, Senin (17/10).

Pada kegiatan tersebut BPS Paser akan turun langsung ke masyarakat untuk menanyakan perihal kondisi sosio ekonomi masyarakat, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, kondisi sanitasi air bersih, kondisi perumahan, informasi kependudukan, informasi geospasial, lansia, penyandang disabilitas, ketenagakerjaan, hingga kondisi kesehatan.

Pendataan yang berlangsung lebih kurang satu bulan itu akan dilakukan oleh 17 orang koordinator sensus kecamatan (Koseka), yang membawahi 112 Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), dan 441 Petugas Pencacah Lapangan (PPL).

Purba mengatakan sasaran kegiatan ini adalah 100 penduduk Kabupaten Paser, baik yang ber-KTP Kabupaten Paser maupun luar daerah.

“Cakupan pendataan awal seluruh penduduk , menggunakan prinsip de facto atau berdasarkan keadaan lapangan bukan secara administratif. Contoh seorang yang bekerja di Paser dengan KTP Jawa Tengah tetapi tidak pulang secara rutin dianggap sebagai penduduk Paser dan didata sebagai keluarga di Kabupaten Paser,” terangnya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat menghasilkan data yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, dan administrasi kependudkan.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *