Keberhasilan Desa di Paser Dilihat Dari BUMDes-nya

Tana Paser – Kabid Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Paser, Sucipto, mengatakan penilaian lomba desa tahun 2024 akan menekankan pada indikator keberhasilan desa dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Menurutnya desa yang berhasil adalah desa yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemanfaatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Desa yang baik yang bisa mensejahterakan masyarakatnya. Itu terlihat dari adanya peran BUMDes,” kata Sucipto saat memimpin rapat tim juri lomba desa, di kantor DPMD Paser, Jumat (19/4/2024).

Sucipto mengatakan peningkatan ekonomi masyarakat menjadi kunci keberhasilan sebuah pemerintahan desa.

Ia juga menyebut BUMDes yang berhasil merupakan BUMDes yang mampu memberi subsidi bagi masyarakatnya.”Selain BUMDes mencari keuntungan, juga bisa memberi subsidi kepada masyarakat,” ucapnya.

Sucipto menambahkan, semangat memajukan ekonomi desa juga bisa dilihat dari tema lomba desa tingkat Kabupaten Paser tahun 2024 ini yakni ‘Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan Berkualitas’.

Diketahui, pada 29 April hingga 6 Mei 2024 ini DPMD Paser akan menggelar lomba desa tingkat Kabupaten yang akan diikuti 9 desa mewakili kecamatan masing-masing setelah melalui tahapan seleksi di tingkat kecamatan.

Dalam penilaian lomba ini DPMD Paser melibatkan sejumlah perangkat daerah dan akademisi.

Ada beberapa indikator penilaian diantaranya keberhasilan desa di bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan.

“Nantinya desa pemenang akan menjadi perwakilan Kabupaten Paser pada lomba desa tingkat Provinsi Kaltim,” ucap Sucipto.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *