Lomba TTG di Paser Tingkatkan Perekonomian Desa

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menilai lomba kreasi dan inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui inovasi yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Hal itu ia sampaikan usai membuka lomba tersebut, Selasa (06/07/2021), di hotel Kyriad Sadurengas yang dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kaltim, Sirajudin dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Paser.

“Kegiatan ini akan memunculkan inovator yang mampu meningkatkan perekonomian di desanya dengan alat yang dibuat,” kata Fahmi.

Oerlombaan ini diikuti 39 peserta dengan dua kategori yaitu inovasi Teknologi Tepat guna dan TTG unggulan.

Kegiatan lomba TTG, lanjut Bupati Fahmi, bertujuan menjaring ide kreatif dari para inovator setiap desa. Inovasi yang dihasilkan adalah efisien atau mudah digunakan dan bermanfaat serta tidak menimbulkan polusi.

” Ini sebagai wadah bagi inovator di setiap kecamatan dan desa. Dari sini bisa kita lihat ide kreatif dari masyarakat,” imbuh Fahmi.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kaltim M Syirajudin menilai cukup banyak potensi inovasi teknologi tepat guna yang bisa dikembangkan di daerah ini.

Nantinya pemenang akan diikutsertakan di lomba TTG Provinsi Kaltim tahun 2022 mendatang.

“Alat yang dibuat inovator dari Paser ini luar biasa untuk di Kalimantan Timur Paser cukup dibangakan di TTG,”Ujar Syirajudin,

Ia berharap inovasi dari para inovator nantinya dapat dipasarkan atau diproduksi massal sehingga manfaatnya bisa dirasakan khalayak luas.

“Bukan hanya sebatas perlombaan bahkan hingga bisa dipasarkan sehingga nantinya inovasi yang mereka bua tbisa dirasakan masyarakat,” ucap Syirajudin. Foto : Asmaul

Pewarta: Rizky, Editor: Hutja

Total Views: 1263 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *