Enam Anak Panti di Kabupaten Paser Ikuti Pelatihan Keterampilan

Tana Paser – Sebanyak enam orang warga binaan panti asuhan di Kabupaten Paser mengikuti pelatihan yang digelar Dinas Sosial Provinsi Kaltim guna mengembangkan bakat dan keterampilan warga binaan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Paser, Hasanuddin, mengatakan keenam warga binaan panti asuhan itu mengikuti tiga macam pelatihan yang dilaksanakan Dinsos Kaltim.

“Enam orang warga kita ikuti pelatihan otomotif, tata boga, dan tata rias,” kata Hasanuddin di Tanah Grogot, Rabu (27/3/2024).

Hasanuddin menerangkan pelatihan tersebut merupakan yang pertama di tahun 2024 ini. Pemprov Kaltim, melalui Dinsos, akan menggelar pelatihan yang kedua kalinya di tahun ini.

Ia mengaku belum mengeatahui jumlah peserta yang akan dikirim Dinsos Paser pada pelatihan tahap kedua. “Masih menunggu arahan dari Dinsos Kaltim,” ujar Hasanuddin.

Namun yang pasti, kata dia, pelaksanaan pelatihan tahap dua akan dilaksanakan pada bulan Mei Juni.

Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi kesempatan mereka menyalurkan bakat dan keterampilan. Diharapkan dia juga melalui pelatihan, pemerintah dapat meningkatkan kesejahteraan sosial serta mengutamakan pelayanan di panti asuhan sesuai dengan standar pelayanan minimal.

Diketahui pada tahun 2024 ini, Dinsos Kaltim menggelar pelatihan seperti pelatihan otomotof, pengelasan, barista, tata boga, dan tata busana bagi warga binaan panti asuhan

Tujuan pelatihan sendiri untuk memberikan bekal keterampilan ke penghuni panti agar mereka mendapatkan keahlian yang dapat diandalkan setelah meninggalkan panti.

Keterampilan ini diharapkan bisa menjadi dasar bagi mereka untuk tidak kembali ke aktivitas sebelumnya yang menjadi permasalahan kesejahteraan sosial.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *