Pemda Paser Gelar Rakor Review Arsitektur dan Peta Rencana SPBE

Tana Paser – Pemerintah Kabupaten Paser melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian menggelar Rapat Koordinasi review arsitektur dan peta rencana Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai tindak lanjut penerapatan SPBE di Kabupaten Paser, bertempat di ruang command center, Selasa (26/03) yang diikuti oleh seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Paser

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian kabupaten Paser Arief Rahman mengatakan bahwa pada Tahun 2023 tanggal 13-17 November sudah dilakukan survey terkait penerapan indikator SPBE.

“Pada Tahun lalu tgl 13 -17 nopember telah dilakukan kunjungan atau survey ke OPD –OPD guna mendapatkan data dukung dan informasi tentang saran dan masukan dalam penyusunan review arsitektur peta rencana kabupaten paser,” katanya.

Ia mengatakan pentingnya data tersebut sebagai bahan dalam menyusun sebuah ketetapan atau legalisasi dalam sebuah Peraturan Bupati dan juga Dalam Penerapan SPBE pada Pemerintah Daerah harus disusun dengan berpedoman pada Arsitektur SPBE Nasional.

Arief menyebut, SPBE merupakan bagian terpenting untuk kemajuan Kabupaten Paser karena Arsitektur tersebut SPBE sendiri nantinya menjadi kerangka dasar dalam mendeskripsikan integrasi dari seluruh proses bisnis data informasi  guna memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

“Hari ini kita melihat hasil review tim penyusun dokumen SPBE, maka diperlukan persamaan Persepsi agar sistem pemerintah berbasis elektronik tersebut dapat terwujud dengan baik,” ucapnya.

Kepala Bidang Aplikasi Informatika Mulyadi Rahman mengatakan didalam Peta Rencana SPBE nantiya terdapat beberapa hal yang perlu dikoordinasikan bersama,

“Koordinasi ini dilaksanakan pada hari ini terkait tata kelola SPBE, manajemen SPBE, infrastruktur SPBE , aplikasi SPBE dan Audit TIK,” kata Mulyadi.

Ia berharap seluruh perangkat daerah nantinya mengetahui peran dan tugasnya masing masing

Kegiatan ini dihadiri Rahadian Bisma selaku Narasumber serta Pendamping Penyusunan Dokumen SPBE, dengan tiga target diskusi pada Rapat Kordinasi tersebut yakni pertama, memahami SPBE Digitalisasi Pemerintah, kedua 10 langkah membangun SPBE dan ketiga Arsitektur dan Peta Rencana SPBE pemerintah Kabupaten Paser 2024 – 2028 termasuk anggarannya.

Pewarta: Irfan, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *