Ina Rosana : Membangun IT Dengan Dana Terintegrasi Bisa Diterapkan di Paser


SEMARANG, MckabPaser – Ada kegiatan seminar yang menarik para peserta dari acara Rapat Kerja Nasional Forum Kepala Dinas Kominfo se-Kabupaten/kota se-Seluruh Indonesia (Fork4si) yang di gelar selama dua hari 4-5 November 2021 di Metro Park View Hotel, Kota Semarang, Jawa Tengah.


Menurut Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Ina Rosana yang hadir dalam acara seminar itu adalah adalah pemaparan best practise penerapan smart City dan SPBE yang baik di daerah.

Salah satu pembicara dalam seminar itu adalah Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Nelson, M.Si, MT.

Bupati Gorontalo ini memaparkan tema Membangun Kemandirian dengan IT. Menurut dia, pemerintah daerah-nya telah memiliki 31 Aplikasi layanan e-gov yang sudah terintegrasi dan sudah diterapkan, terakhir aplikasi yang dibangun adalah GO SMART SCHOOL.


“Yang menarik dari paparan Bupati Gorontalo, untuk membangun IT tersebut sumber dananya juga terintegrasi dari APBD, CSR, dan dana desa. Saya kira ini bisa diterapkan di Kabupaten Paser,” kata Ina Rosana.

Selain Bupati Gorontalo , Kepala Dinas Kominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto juga menjadi nara sumber pada acara seminar itu.


Kadiskominfo Kota Semarang, Bambang Pramusinto, yang pada rakernas kali ini terpilih sebagai Ketua Fork4si memaparkan tentang Smartcity & SPBE Kota Semarang.


Menurut Bambang, pengembangan smart city (SC) tidak hanya berbasis TIK tapi juga Non TIK, contohnya adalah pengembangan kawasan kumuh menjadi destinasi wisata.


Ia juga mengatakan dalam pengembangan SC adalah pentingnya kesiapan setiap elemen yakni pemerintah daerah dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) , pihak swasta, dan masyarakat.


Dari pemaparan para nara sumber yang memaparkan tentang smart city, Ina Rosana optimistias Kabupaten Paser dapat mengembangkan SC yang saat ini masih proses tahap perencanaan.
“ Tadi disampaikan Kota Semarang mulai SC tahun 2013 jadi 4 tahun sebelum kementerian Kominfo menggagas Gerakan Menuju 100 Kab/Kota SC, artinya untuk melakukan pengembangan memang butuh waktu dan proses,’ katanya.

Selain seminar yang menghadirkan narasumber Bupati Gotontalo dan Walikota Semarang, ada empat seminar lain yang diselenggarakan dalam acara rakernas ini Fork4si .

Pertama seminar dengan tema “Pentingnya sinergitas Pusat dan Daerah dalam memperkuat ketahanan “dengan narasumber dari Kementerian Polhukam RI.


Seminar kedua dengan tema “Kebijakan dan Penganggaran penguatan implementasi urusan non wajib dengan narsumber dari Kementerian Dalam Negeri.


Seminar ketiga dengan tema Penguatan Daerah dan Implementasi Permenkominfo nomor 8 tahun 2019 dengan narasumber dari Kemenkominfo RI.


Dan keempat seminar dengan tema “Dukungan Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan nara sumber dari Kementerian PAN RB RI

Dan hari kedua Rakernas Forkasi dilakukan Pemilihan Ketua Umum Forkasi Periode 2021 – 2023. Dalam pemilihan itu terpilih secara mufakat adalah Kadis Kominfo Kota Semarang Bambang Pramusinto, menggantikan ketua sebelumnya Kadis Kominfo Kab. Gorontalo Haris Suparto Tome.

Pewrta : Ropii

Total Views: 76 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *