Pemda Paser Akan Membangun Balai Penyuluhan KB di Dua Kecamatan

Tana Paser – Kabupaten Paser mendapatkan bantuan pembangunan dua unit Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di dua kecamatan. Anggaran pembangunan balai ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

“Pembangunannya di Kecamatan Pasir Belengkong dan Batu Engau,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser, Amir Faisol, Kamis (25/08/2022).

Dikemukakan Amir Balai Penyuluhan KB merupakan tempat kegiatan yang berkaitan dengan program KB di masing-masing kecamatan.

Sebelumnya pada tahun 2021, Kabupaten Paser juga mendapat bantuan DAK satu unit Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Tanah Grogot.

Idealnya, kata Amir, setiap kecamatan memiliki satu unit Balai penyuluhan KB agar program penyuluhan KB bisa lebih difokuskan di setiap wilayah.

Selain bantuan dua unit bangunan, lanjutnya, pada tahun ini Kabupaten Paser juga mendapat bantuan empat kendaraan roda dua yang juga bersumber dari DAK.

“Kendaraan operasional untuk mendukung pelaksanaan penyuluhan KB. Meski jumlahnya masih terbatas, tapi bantuan cukup bermanfaat,” ucap Amir.

“Harapan kami tahun depan bisa dibangun kembali balai penyuluhan KB di kecamatan lain dan ditambah kendaraan operasionalnya,” ujar Amir.

Amir menambahkan untuk menunjang kegiatan KB, Kabupaten Paser juga mendapat bantuan oengadaan unit komputer, peralatan KB, dan stunting kit.

Disamping bantuan fisik, juga terdapat bantuan non fisik guna menunjang kegiatan penyuluhan.

eberhasilan program KB tidak hanya dengan pemenuhan sarana dan prasarana, akan tetapi juga penting untuk diperhatikan keberadaan sumber daya manusianya.

Saat ini di Kabupaten Paser baru ada 5 penyuluh program KB yang melayani 10 kecamatan, sementara seharusnya satu kecamatan memiliki satu penyuluh.

“Kami sudah mengusulkan untuk penambahan penyuluh dari tenaga honorer kepada BKPSDM. Semoga bisa terpenuhi,” katanya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.