Pemda Paser Persiapkan Program Pro PN Pelayanan KB di Perbatasan

Tana Paser – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser menggelar rapat persiapan pelaksanaan Proyek Prioritas Nasional (Pro PN) intensifikasi dan integrasi pelayanan KB wilayah perbatasan, di ruang rapat Sadurengas kantor Bupati Paser, Rabu (21/2).

Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya, dihadiri Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat Afra Naheta, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Amir Faisol.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Paser Amir Faisol mengatakan kegiatan Pro PN pelayanan KB akan dilaksanakan di Rumah Sakit Kerang Kecamatan Batu Engau pada 6 Maret 2024. Akan hadir dalam kegiatan itu Kepala BKKBN pusat, Pangdam Mulawarman, dan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim.  

“Kegiatannya meliputi pelayanan reproduksi, sosialisasi, dan penyuluhan kepada akseptor dengan metode kontrasepsi jangka panjang,” kata Amir Faisol.

Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Rumah Sakit Kerang. Amir mengatakan intensifikasi dan integrasi pelayanan KB bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan KB.

 “Artinya masyarakat di perbatasan, khususnya masyarakat Provinsi Kalsel, bisa mendapatkan pelayanan KB di wilayah Kaltim,” ujar Amir.

Sasaran dari pelayanan KB yaitu dapat memberi edukasi kepada pasangan suami istri (pasutri), atau calon mempelai. Pelayanan ini gratis bagi masyarakat tanpa memandang domisili.

Bersamaan dengan kegiatan ini, juga akan digelar pemberian sembako kepada masyarakat dan bantuan untuk pencegahan stunting, serta bazar yang menampilkan beragam jenis produk usaha dari progam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *