DKISP Bekali KIM Mengkudu Bersinar, Peran KIM dan Teknik Dasar Menulis Jurnalistik

Tana Paser – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada pengurus Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ‘Bersinar’ Desa Mengkudu, Kecamatan Batu Engau, Senin (30/01/2023). Pelatihan ini dibuka Kepala Desa Mengkudu Andis Fauzi.

“Kegiatan ini untuk memberikan wawasan tentang fungsi dan peran KIM,” kata Kabid Informasi Komunikasi Publik, DIISI, Asnan Lathief.

Asnan mengatakan dasar hukum pembentukan KIM adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI No. 08/PER/M.KOMINFO/6/2010
tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial.

KIM, katanya, berperan sebagai mitra pemerintah dalam pengelolaan informasi pembangunan daerah dan desa.

“Kita bisa bertukar informasi dari kabupaten disampaikan ke desa, dan sebaliknya informasi desa disampaikan ke pemerintah kabupaten,” imbuhnya.

Kepala Desa Mengkudu Andis Fauzi berharap KIM yang baru dibentuk ini dapat mengenalkan potensi yang dimiliki desa maupun kegiatan pembangunan desa kepada masyarakat luas.

“Melalui forum KIM, potensi desa kita bisa terekspose sehingga dikenal orang. Sampaikan informasi tentang potensi desa maupun kegiatan perekonomian seperti promosi produk UMKM ” ucap kepala desa yang dalam beberapa hari kedepan akan habis mas jabatannya itu.

Karena itu, ia berpesan kepada pengurus KIM ‘Bersinar’ untuk terus memperkenalkan potensi dan kemajuan desa melalu kanal-kanal informasi yang tersedia seperti media sosial maupun situs resmi pemerintah.

Meski nanti ia tidak lagi menjabat kepala desa, Andis berkomitmen akan selalu mendukung program KIM. “Walau saya tidak lagi menjadi kepala desa, siap mendampingi,” katanya.

Kegiatan pelatihan ini didampingi Sub Koordinator Kemitraan dan Pemberdayaan Komunikasi Syarif Abdillah.

Adapun para pemateri antara lain Kabid IKP Asnan Lathief yang membawakan materi tentang fungsi dan peran KIM, Sub Koordinator Media Publik Ropi’i dengan materi ‘Literasi digital cegah hoaks’, dan reporter Media Center DKISP Paser, Hutja Prasetya dengan materi tentang teknik dasar menulis berita .

Pewarta: Hutja Editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *