Jaga Kelangsungan Ekosistem, Bupati Fahmi Lakukan Penanaman Mangrove Serentak

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli melakukan penanaman bibit pohon mangrove pada puncak penanaman mangrove nasional serentak oleh jajaran TNI se-Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual, di Pantai Pasir Putih Desa Pasir Mayang, Senin (15/5/2023) sore.

Bupati Fahmi mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka menjaga kelangsungan ekosistem pantai yang dilaksankan di 333 titik lokasi di seluruh Indonesia dengan total penanaman sebanyak 1.100.169 bibit pohon mangrove.

Presiden Jokowi menekankan bahwa proses penanaman kembali hutan mangrove harus terus dilaksanakan karena selain untuk mengembalikan habitat, mangrove juga berperan dalam melindungi daerah pesisir.

“Saya kira proses menanam kembali hutan mangrove ini tidak hanya di sini saja tetapi terus, terus, terus dilakukan,” tegas Presiden.

Turut mendampingi Bupati Paser, Komandan Kodim 0904/Psr Letkol Inf Ary Susatyo, Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta, Kepala Kejaksaan Negeri Paser  Rajendra D. Wiritanaya dan Anggota  DPRD Paser Eva Sanjaya.

Dalam kegitan itu turut hadir Presiden Direktur PT. Kideco Jaya Agung Mochamad Kurnia Ariawan, satuan TNI dan Polri, tokoh masyarakat Desa Pasir Mayang dan sejumlah pelajar Sekolah Menengah Pertama Desa Pasir Mayang Kecamatan Kuaro.

Sementara itu Dandim 0904/Psr Letkol Inf Ary Susatyo mengatakan penanaman mangrove di Pantai Pasir Putih Pasir Mayang ini lebih kurang 1000 mangrove dengan luas satu hektar.

“540 bibit pohon mangrove sudah ditanam pada bulan Maret kemarin dan yang ditanam saat ini adalah 500 pohon,” kata Dandim 0904/Psr.

Ary menambahkan, penanaman ini tidak cukup hanya hari ini saja tetapi ke depannya tetap akan dipelihara kemudian kita cari sasaran-sasaran lain yang kemungkinan akan merusak lingkungan sekitar wilayah Pasir mayang ini.

“Hal ini merupakan suatu cita-cita dengan dengan motto “mangrove for better life,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *