Jelang Pemilu Serentak 2024, Pemkab Paser Gelar Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Pemilu Pemula

TANA PASER, MCKabPaser – Pemerintah Kabupaten Paser bersama Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan pengendalian Anak Provinsi Kalimantan Timur dan Komisi Pemilihan Umum Paser menggelar sosialisasi peningkatan partisipasi pemilu pemula menjelang pemilu serentak 2024 di Ruang Rapat Sadurengas, Selasa (15/11/2022 ).

Dalam Kegiatan tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Paser Amiruddin Ahmad, Kepala Seksi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur Hasbi Anshari, Forum Anak Nasional Provinsi Kalimantan Timur Auris Sane, Kepala DP2KBP3A Kabupaten Paser Amir Faisol, Ketua KPU Paser Abdul Qoyyim Rasyid, Ketua Bidang PUG dan PP Kasrani Latief serta melibatkan mahasiswi sekolah SMA/SMK Se Kecamatan Tanah Grogot.

Kasi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi DKP3A Provinsi Kaltim Hasbi Anshari yang mewakili Kepala DKP3A Provinsi Kaltim mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman pembelajaran kepada pemilih pemula atau anak-anak yang sudah berumur 17 tahun dan masih sekolah atau sudah kuliah semester 1, untuk memberikan peran aktif terutama bagi perempuan pemilih pemula untuk bisa menyuarakan memilih suaranya di dalam pemilu 2024.

“Ini juga merupakan upaya pemerintah di daerah untuk Kalimantan Timur pada umumnya dan Kabupaten Paser utama dari kegiatan ini yang kita harapkan bisa memberikan kontribusi dalam hal pembangunan dalam bidang politik untuk perempuan” kata Hasbi

Hasbi pun mengingatkan untuk perlu mempersiapkan hal sekecil ini dari masalah keterlibatan perempuan di pemilih pemula ini di tahun 2024.

“kita berharap dari kegiatan ini dapat memberikan apa yang harus disiapkan oleh kaum perempuan terutama kaum perempuan muda yang ada di Paser secara khusus mempersiapkan pemahaman terhadap pemilu,” terangnya.

Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Paser Abdul Qoyyim menjelaskan Pemilu merupakan suatu hal yang penting untuk memilih pimpinan, sehingga melalui pemilihan pimpinan terpilih dapat mengalokasikan anggaran di APBN dan APBD sebagai penggerak perekonomian negara yang sesuai janji visi misi kampanye dalam pemilu nanti.

“Pemilu menjadi salah satu upaya untuk membangun kesejahteraan rakyat” Kata Abdul Qoyyim.

Ia pun menerangkan pemilih cerdas yaitu memahami hak konstitusional sebagai warga negara, menggunakan hak pilihnya dengan baik, memahami dan mengkritisi visi dan misi serta program kerja para kandidat.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Perempuan Paser Cinta Politik yang di tandatangani oleh Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Kabupaten Paser, Kasi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur, Ketua KPU Paser, Ketua Bidang PUG dan PP Kabupaten Paser dan Forum Anak- Nasional Provinsi Kalimantan Timur.

Penulis : Arda, Editor : Rizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *