Komitmen Wujudkan Good Governance, Pemkab Paser Fokus Tingkatkan SAKIP

JAKARTA, MCKabPaser – Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance terus dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan kualitas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli menyebutkan, SAKIP merupakan salah satu fokus Pemkab Paser dalam menjalankan pemerintahan, karena hal tersebut sesuai dengan visi Paser MAS, Maju, Adil dan Sejahtera adalah Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Efektif Dan Efisien Melalui Pemerintahan Yang Profesional, Partisipatif Dan Transparan.

“Kami  sangat berkomitmen  mewujudkan peningkatan kualitas SAKIP dari waktu ke waktu, sehingga dapat meningkatkan nilai dan predikat  akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” kata Bupati Fahmi.

Guna tercapainya hal tersebut, lanjut Bupati Fahmi, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Paser bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI (KemenPANRB) melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama SAKIP, di kantor KemenPANRB, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Menurutnya, kerjasama ini merupakan peluang dan tantangan yang harus dicapai dengan optimal dalam hal peningkatan kualitas implementasi SAKIP di Kabupaten Paser. Dengan terwujudnya itu dapat berdampak pada pemanfaatan sumber daya yang semakin efektif, efisien dan fokus pada target kinerja yang telah ditetapkan.

“Hal ini dapat memberikan kontribusi pada pencapaian kesejahteraan masyarakat, yang merupakan tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk mewujudkan SAKIP yang berkualitas dan berdampak, diperlukan adanya pegawai yang memiliki kapasitas dan kompetensi dalam hal pemahaman SAKIP, yang terdiri dari aspek perencanaan kinerja, pengukuran pelaporan kinerja maupun evaluasi kinerja.

“Seiring berjalannya waktu, terciptalah budaya kinerja dan pola pikir baru bahwa akuntabilitas kinerja bukanlah sebuah kewajiban melainkan sebuah kebutuhan,” tutup Fahmi.

Penandatangan kerjasama tersebut, dilakukan Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bersama Deputi Bidang Reformasi Biro, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, KemenPANRB Agus Erwan Purwanto dan disaksikan Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan  Rakyat, Romif Erwinadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, dan Asistensi Administrasi Umum Murhariyanto.

Selain itu juga dihadiri, Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kamarudin, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Paser, Suwito, Kepala Badan Keuangan Daerah Paser, Nur Asni, Inspektur Inspektorat Paser, Dharni Haryati, Kepala Bidang Aplikasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persaandian Paser Mulyadi Rahman, dan para Kepala Bagian Pemkab Paser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *