Resmikan Pasar Penyembolum Senaken, Bupati Minta Jaga Kebersihannya

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli meresmikan Pasar Penyembolum Senaken, pada peresmian itu dirinya meminta kepada pedagang dan Dinas Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UMKM (Diperindagkop) Kabupaten Paser agar menjaga kebersihan Pasar.

Pembangun akan sangat sulit berhasil apabila tidak ada dukungan dan partisipasi yang aktif dari masyarakat, terlebih pada saat pemanfaatan dan pemeliharaannya, membangun itu lebih mudah dari pada memelihara.

“Tolong dijaga kebersihan, kemanan dan ketertiban pasar, sehingga pasar ini menjadi nyaman,indah, bersih, rapi dan tertata. Tidak menjadi pasar yang kotor, jorok dan berbau,” kata Bupati Paser, Jumat (30/12/2022).

Fahmi mengatakan pembangunan fisik seperti pasar ini merupakan bagian dari pembangunan fasilitas umum yang terus menerus ditingkatkan oleh pemerintah bersama masyarakat dan salah satu bentuk perhatian pemerintah daerah kepada pedagang agar bisa ikut bersaing dengan pasar-pasar modern.

“Ini juga merupakan salah satu kebijakan pemerintah Kabupaten Paser yang tertuang dalam misi pertama Paser MAS yaitu perkonomian daerah yang mandiri dan berdaya saing,” ujarnya.

Bupati Fahmi mengungkapkan kegembiraannya bahwa dengan selesainya pasar ini menjadi salah satu kado Pemerintah Daerah di hari jadi Ke-63 Kabupaten Paser kepada para pedagang pelaku usaha di Kabupaten Paser.

Untuk diketahui bahwa 75persen dari pembelanjaan masih dilakukan oleh konsumen pasar tradisional di tengah perkembangan pasar modern seperti supermarket dan ritel khususnya di Kabupaten Paser.

Oleh karena itu lanjut Fahmi,  para pedagang di pasar penyembolum Senaken jangan kawatir sepi akan pembeli, yakin dan berdoa rezeki tidak akan kemana.

Sementara itu Kepala DPUTR Kabupaten Paser menjelaskan pasar ini memiliki luas 8,978 meter persegi dengan bangunan 104 lapak terdiri dari empat lapak berukuran 2,5×6 meter dan 98 lapak berukuran 2,5×3 meter serta bangunan pendukung berupa gerbang, pos jaga dan pagara.

“Insyaallah di tahun 2023 kami akan menganggarkan kembali pembangunan pasar untuk pedagang yang belum mendapatkan lapak, tentunya yang sudah terdaftar di dalam database,” tutupnya.

Peresmian ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya, Ketua Komisi III DPRD Paser Edwin Santoso,Asisten Perekonomian dan Pembangunan Adi Maulana, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romif Erwinadi, Asisten Administrasi Umum Murharianto, para Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Bankaltimtara Cabang Paser Yudhi Susatyo, Camat Tanah Grogot M. Guntur, Lurah Tanah Grogot Yusman dan Kepala Desa Senaken. MCKabPaser.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *