Sehari Petugas DLH Paser Angkut 40 Ton Sampah Kota

TANA PASER, McKabPaser- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Achmad Safari mengatakan dalam sehari jumlah sampah yang diangkut petugas kebersihan mencapai 40 ton.

Untuk mengangkut sampah ini, DLH mengerahkan 80 petugas dengan 13 armada pengangkutan. Para petugas ini mulai mengangkut sampah pada pukul 06.00 wita dan selesai sekitar pukul 08.30 wita.

” Ada 13 tim pengangkut sampah dengan beranggotakan 5 orang, serta seorang koordinator, ” kata Safari.
Selain tim itu, ada juga satgas yang bertugas memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Misalnya begini, di suatu tempat sebelumnya ada TPS (tempat pembuangan sampah) kemudian sudah tidak ada, biasanya warga masih membuang sampah di situ, maka satgas memberikan pemahaman, ” kata Safari.
Ke depan, kata Safari, keberadaan TPS di jalan -jalan kota Tanah Grogot sudah tidak ada lagi.
Sebagai gantinya, pemerintah daerah memfasilitasi warga dengan menyediakan kendaraan roda tiga (Viar) untuk mengangkut sampah menuju depo TPS.

” Tahun lalu, ada penyerahan 6 viar untuk setiap RT, dengan difasilitasi kendaraan roda tiga ini, maka warga dikoordinir RT setempat mengelola sampah di tempat tinggalnya, ” Jelas Safari.

Saat ini ada, tambah Safari, ada dua Depo TPS untuk menampung sementara sampah dari warga sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Terkait pengangkutan sampah di Pasar Senaken, Safari menjelaskan bahwa hasil rapat beberapa waktu lalu ini menjadi kewenangan DLH.

“UPTD menyediakan bak kontainer untuk menampung sampah Pasar sementara, kamudian DLH yang mengangkut ke TPA namun ketiadaan mobil kontainer, hal ini belum bisa dilakukan,” Katanya.

pewarta : ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *