Bupati Paser Resmikan Command Center, Operasional Call Center 112, serta 3 Aplikasi

Tana Paser, MCKabPaser – Bupati Paser dr Fahmi Fadli meresmikan Ruang Command Center, Operasional Call Center 112, serta tiga aplikasi yakni Paser Smart Service, Satu Data Paser, dan Sistem Informasi Infrastruktur TIK di Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser pada Selasa (27/12/2022).

Pada peresmian tersebut turut hadir Wakil Bupati Paser Syarifah Masitah Assegaf, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur HM Faisal, GM PT. Telkom Yogo Istanto, GM Icon+ Wahyu Toni Hermawan, Kepala Dinas Kominfo Kota Balikpapan Adamin Siregar, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kutai Timur Ery Mulyadi, Kepala Dinas Kominfo Kutai Kartanegara Daffip Hariyanto, perwakilan Dinas Kominfo Kalimantan Timur, dan juga Dirjen Pita Lebar Kementrian Kominfo RI serta para Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Paser.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Paser dr Fahmi Fahmi Fadli pada peresmian ini diawali dengan penekanan tombol Touchscreen Aplikasi, yakni Aplikasi Paser Smart Service, Aplikasi Satu Data Paser, serta Aplikasi Sistem Informasi Infrastruktur TIK, kamudian dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti Command center, dan dilaksanakannya pengguntingan pita menandakan diresmikannya Ruang Command Center.

Bupati Paser dr Fahmi Fadli menyebutkan peresmian ini merupakan salah satu Misi Paser MAS (Maju, Adil, dan Sejahtera) yakni meningkatkan tata kelola Pemerintahan.

” Ini salah satu misi kami untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien melalui pemerintahan yang profesional, partisipatif dan transparan, tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya kualitas pelayanan terhadap publik,” Kata Bupati Paser dr Fahmi Fadli.

Menurut Fahmi Fadli seluruh sistem aplikasi berbasis digital dapat meningkatkan pelayanan terhadap publik dan memiliki data yang selalu update hingga dapat mempermudah mengakses data, serta pelayanan dan juga dalam mengambil suatu kebijakan.

“Sistem ini penting karena bukan hanya selalu update tetapi untuk permudah pelayanan serta mengambil kebijakan pemerintahan melalui data yang ada,” Ujar Fahmi Fadli.

Untuk itu Bupati Paser mengharapkan peran serta Kepala Perangkat Daerah dan para camat untuk memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan digitalisasi di Kabupaten Paser.

“Saya harapkan Kepala Perangkat Daerah dapat mendukung ini terkait digitalisasi jangan sampai ini menjadi seremonial saja,” tegas Fahmi.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur HM Faisal mengapresiasi upaya yang dilakukan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser yang dalam hal ini telah meningkatkan Sistem digitalisasi melalui Layanan Call Center 112 , serta 3 Aplikasi yang telah diresmikan.

“mudah-mudahan hari ini hari baik di ulang tahun Kabupaten Paser kita bisa menjadi Paser Smart City,” Ucap Faisal.

Selain itu dirinya juga menyebutkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik SPBE telah dilakukan oleh DKISP Paser.

“Saat ini sudah baik tinggal tata kelolanya, softwarenya kemudian konten satu data agar masyarakat bisa menikmati layanan digital,” Ujar Faisal.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Ina Rosana menyebutkan telah disusunnya beberapa program prioritas diantaranya adalah Paser Smart City di mana di dalamnya adalah SPBE lalu Command Center, Operasional Call Center 112 kemudian Satu Data Paser dan beberapa sarana prasarana terkhusus untuk membangun daerah-daerah yang masih berstatus sebagai blankspot.

“Kami telah menyusun beberapa prioritas kegiatan, penyiapan anggaran di tahun 2022 ini kami diberi anggaran sebesar 26 miliar lebih, naik sekitar hampir 30% dari tahun sebelumnya, kemudian kami juga ditunjang dengan SDM yang luar biasa bagaimana kami bisa membentuk suatu tim work untuk melaksanakan program-program prioritas,” Kata Ina Rosana.

Penulis : Rizki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *