Tingkatkan Kemampuan SDM Desa, APDESI Paser Gelar Bimtek SID

TANA PASER, MCKABPASER – Demi Mewujudkan sistem informasi desa dan tata ruang desa berbasis teknologi digital dan sebagai pondasi pembangunan smart city menuju PASER MAS, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Paser menggelar Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa (SID) se – Kabupaten Paser di Kryad Hotel Sadurengas, Kamis (10/03/2022).

Mewakili Bupati Paser dr. Fahmi Fadli, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser Katsul Wijaya membuka Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa (SID) tersebut yang di hadiri pula oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Paser Chandra Irwanadhi, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Paser Ina Rosana, Sekretaris DPC APDESI Kabupaten Paser Taher, Perwakilan Kideco, Perwakilan OPD, para Camat dan para Kepala Desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Paser Katsul Wijaya membacakan sambutan Bupati Paser pada pembukaan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Desa, di Hotel Kryad Sadurengas, Kamis (10/3).

Bupati Paser dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekda Paser Katsul Wijaya mengatakan guna mensinergikan Data Desa perlu adanya pedoman pengembangan Sistem Informasi Desa dan penyelenggaraan forum data.

“Kewajiban Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh desa, dengan mengadakan pelatihan bagi perangkat Desa atau Operator SID” ucap Katsul

Katsul juga mengapresiasi kepada Ketua APDESI dan seluruh jajaran pengurusnya dengan terlaksananya kegiatan ini sebagai bentuk upaya dan wujud komitmen bersama untuk penguatan layanan informasi di Kabupaten Paser

“Terima kasih telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini. Semoga bimtek ini berjalan dengan baik dan lancar,
dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan di Kabupaten Paser khususnya di desa masing-masing” Katanya

Sementara itu Kadis PMD Chandra Irwanadhi menambahkan Tujuan dari Bimtek ini adalah agar masyarakat Desa paham akan SID ini dan akan membuat desa mandiri.

“Ketika potensi Desa bisa di management maka kesejahteraan Desa akan terjamin,” kata Chandra.

Di kemukakan Chandra saat ini Sumber Daya Manusia lah yang menjadi kendala. Sebagian masyarakat di Desa belum dapat menjalankan SID.

“Di Kabupaten saja baru beberapa yang dapat menjadi operator SID,” kata Chandra.

Harapnya Bimtek ini sebagai pemicu Masyarakat Desa untuk lebih mengenal lagi SID.

“Setiap Desa nanti akan menyiapkan satu ruangan operator SID”, Tutup Chandra (Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *