Untuk Menciptakan Pemerintahan Desa Yang Tangguh, Bupati Paser Buka Diklat Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

YOGYAKARTA, McKabPaser – Bupati Paser  dr. Fahmi Fadli membuka acara pendidikan dan pelatihan (diklat) peningkatan kapasitas aparatur desa yang diikuti 67 kepala desa di lingkungan kabupaten Paser, Senin (8/11/2021).

Diklat yang dilaksanakan selama sepekan  7-12 November 2021 ini dilaksanakan di Balai Pemerintahan Desa Kemendagri Kota Yogyakarta.

Para kepala desa yang mengikuti diklat ini sebagian besar adalah para kepala desa yang baru beberapa bulan lalu dilantik setelah pilkades serentak di Kabupaten Paser.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pembukaan diklat  kapasitas kepala desa diantaranya Kepala Balai Pemerintahan Desa Kemendagri Yogyakarta Drs. Effendi MSi, Sekda Paser Katsul Wijaya, Kepala  Dinas PMD Paser Chandra Winardi, Pimpinan Bankaltimtara  Tanah Grogot Yudhi Susatyo dan para Camat yang kepala desanya mengikuti pelatihan.

Selama mengikuti diklat, para kepala desa tinggal di asrama hingga selesai pelatihan.

Bupati Paser Fahmi Fadli dalam sambutannya mengatakan kegiatan diklat peningkatan kapasitas kepala desa  merupakan momen penting bagi para Kepala Desa untuk lebih memahami kapasitasnya dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala wilayah desa.

“Kepala Desa harus memperhatikan isu strategis yang berkembang di desa yang menjadi perhatian Kepala Daerah seperti pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel,” kata Bupati.

Selain itu Bupati juga minta kepada kepala desa dapat mewujudkan informasi desa yang berbasis aplikasi di samping membantu menyelesaikan sengketa permasalahan tanah di desa.

Menurut Bupati Paser untuk menciptakan pemerintahan desa yang kuat, tangguh dan mandiri melalui Pemberdayaan Desa dan Masyarakat, diperlukan suatu tatanan organisasi yang baik, sumber daya manusia yang kompeten, dukungan anggaran desa, termasuk cara dan tehnik kepemimpinan seorang Kepala Desa akan mempengaruhi terhadap kinerja aparatur dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Oleh karena itu, Bupati Paser menyambut baik dan menilai positif pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemajuan pembangunan di Kabupaten Paser.

Pewarta : Asmaul       editor : Ropii

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *