Distapang Paser Beri Asupan Gizi Siswa melalui Program GENIUS

Tana Paser – Dalam upaya penanganan rawan pangan dan gizi, pemenuhan pangan yang bergizi bagi generasi muda sangat dibutuhkan untuk membangun sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

Salah satu kelompok sasaran yang perlu mendapatkan perhatian dalam penanganan rawan pangan dan gizi adalah anak usia sekolah yang pada tahun 2045 memasuki usia produktif.

Hal tersebut dikatakan oleh Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Nyoto Suwignyo, sejak pertama diluncurkan Gerakan Edukasi Dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (GENIUS) Agustus 2023.

“Melihat kondisi tersebut, Dinas Ketahanan Pangan mendorong digencarkannya kegiatan GENIUS di Kabupaten Paser yang juga sejalan dengan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) untuk mewujudkan kualitas Manusia di Paser kuat, sehat dan cerdas melalui pemberian kudapan pangan bergizi berbahan dasar sumber protein hewani berupa telur, susu dan protein hewani lainnya yaitu ayam dan ikan disertai dengan edukasi pangan dan gizi.” Ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Distapang) Paser,Taharudin, Sabtu (23/13).

“GENIUS” di Kabupaten Paser tahun 2023 ini, dilaksanakan di 5 (lima) Sekolah Dasar (SD) di Tanah Grogot kepada 1.500 siswa, yaitu SD 011, SD 020, SD 024, SD 035 dan SD 033.

“Kita juga memberikan edukasi ke para pelajar dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan,” ujar Taharuddin.

Pada masa akan datang pemberian pangan bergizi disertai dengan edukasi pangan dan gizi yang dijadwalkan secara reguler dan tematik selama pemberian pangan, termasuk internalisasi stop boros pangan kepada siswa. Perpaduan pemberian pangan yang disertai edukasi dan internalisasi menjadi unsur penting dalam mendorong keberlanjutan kegiatan dan menumbuhkan kesadaran siswa dan orangtua sebagai wujud kewaspadaan pangan dan gizi.

Kepala Sekolah Dasar 033 mewakili sekolah lainnya berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah bahu membahu dalam pencapaian target dari GENIUS tahun ini.

“Untuk itu, hari ini Dinas Ketahanan Pangan menyematkan penghargaan dan apresiasi dengan berbagai kategori kepada pihak-pihak yang terlibat. Di tahun mendatang, akan menggelorakan kembali program GENIUS ini,” katanya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *