Lomba layang-layang di Paser diikuti antusiasme peserta dewasa

Tana Paser – Siapa yang tak kenal dengan permainan layang-layang? Permainan yang memanfaatkan angin untuk menerbangkan sebuah layangan ini ternyata bukan hanya sebuah permainan yang disukai anak-anak.Di Kabupaten Paser, tepatnya di Kecamatan Kuaro, permainan ini dijadikan lomba.

Peminatnya adalah orang-orang dewasa.Mereka adalah pemuda pemudi Desa rangan yang terlihat sangat antusias mengikuti lomba adu layangan sambitan piala bergilir se-Kecamatan Kuaro, yang digelar selama dua hari sejak Sabtu (23/12).

Lomba yang dilaksanakannya di Desa Padang Jaya ini diikuti peserta dari sejumlah desa antara lain Keluang Paser Jaya(KPJ), Kendarom, dan Kertabumi.

“Selain ikut lomba karena hobi, kegiatan ini juga untuk mempererat silaturahmi,” kata salah satu peserta, Ari Setiawan.

Lomba ini diyakini juga sebagai wadah dalaam melestarikan budaya permainan layangan. Berkumpulnya para peserta dengan gobi yang sama juga menjadi kesempatan bagi mereka untuk membuat perkumpulan yang mereka sebut PELANGI atau perkumpulan pelayang seluruh Indonesia.

Perkumpulan ini sudah terbentuk di beberapa daerah seperti Samarinda dan Balikpapan. Di Jawa, komunitas ini sudah lebih dulu terbentuk.

“Rencananya di kabupaten Paser ini akan dibentuk komunitas PELANGI,” ucap Ari.

Pewarta: KIM Buah Kesah Desa Rangan, Editor: Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *