Pokja Bunda Literasi: HUT Kemerdekaan, Semangat Literasi harus difasilitasi dan diapresiasi

Tana Paser – Ketua Pokja Bunda Literasi Kabupaten Paser, Dr. Kasrani Latief mengingatkan agar momentun 17 Agustus ini sebagai semangat kemerdekaan untuk menumbuhkan literasi. Menurutnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah dalam mendukung gerakan literasi di Indonesia.

“Kita harus menguatkan gerakan literasi dengan menyiapkan payung hukum sampai ke daerah, hal ini dimaksudkan agar ada aturan yang mendasari gerakan literasi di masyarakat,” kata Kasrani, Kamis (17/8).

Ia mengatakan setelah ada payung hukum, pemerintah harus melaksanakan gerakan literasi sekolah dengan sungguh-sungguh, mulai dari tingkat PAUD sampai SMA.

Kasrani mengemukakan gerakan literasi sekolah (GLS)dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 yaitu tentang penumbuhan budi pekerti dengan membiasakan peserta didik membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai.

Menurut dia dengan dilaksanakan GLS dengan susngguh-sungguh akan mempercepat peningkatan Literasi di sekolah dan masyarakat.

Ia menambahkan sarana penunjang diperlukan guna mendukung kegiatan literasi. Setiap sekolah hendakny melengkapi sarana dan perasarana Literasi di Sekolah maupun di Masyarakat secara umum.

Dalam hal sarana dan prasarana bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja namun harus menjadi tanggung jawab semua baik masyarakat maupun dunia usaha, dengan bersama-sama akan mempercepat tersedianya sapras literasi di masyarakat.Keempat, menyiapkan lomba-lomba untuk meningkatkan literasi di sekolah maupun di masyarakat.

Sebagai tempat untuk menyalurkan kemampuan literasi dalam masyarakat, diharapkan even-even lomba dilaksanakan secara berkala dan terus menerus.

Kasrani juga mengingatkan apresiasi perlu diberikan kepada mereka yang telah berjasa dalam bidang literasi.

“memberikan penghargaan bagi tokoh literasi, organisasi, perpustakaan terbaik, OPD, perusahaan yang peduli terhadap literasi akan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk bersama-sama mendukung gerakan literasi,” urainya.

Apabila ini bisa dilaksanakan, Kasrani menyakini kemampuan Literasi Bangsa Indonesia akan semakin baik, dan akan melahirkan Generasi Hebat di masa yang akan datang,

Pewarta: Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *