Hewan Ternak di Belengkong dan Komam Terindikasi Penyakit Mulut dan KukuTan

Tana Paser – Hewan ternak di dua kecamatan di Kabupaten Paser yaitu Kecamatan Pasir Belengkong dan Muara Komam terindikasi terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

“Disbunak dan kepolisian menemukan sapi terindikasi PMK di dua kecamatan,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Paser Djoko Bawono, Selasa (26/07/2022).

Dikemukakan dia pada Senin (25/07/2022) malam, pihaknya bersama kepolisian melakukan pengecekan di salah satu peternakan.”Hasil pemeriksaan kami temukan hewan ternak ada ciri-ciri PMK,” ucap Djoko.

Gejala PMK pada ternak yang ditemukan, diantaranya terdapat buih pada mulut serta merah-kemerahan pada kaki dan kuku.

Rasa sakit pada kuku, menurut Djoko, membuat hewan ternak tidak mampu menahan bobot badannya hingga terkapar dan lemas.

“Hewan jadi tidak berselera makan dan pada akhirnya jatuh sakit dan mati,” ujarnya.Namun untuk memastikan indikasi itu Disbunak akan melakukan uji lab bekerja sama dengan Balai Veteriner (BVet) Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

“Hasilnya akan keluar dua hari. Dari situ kita bisa tahu itu PMK atau bukan,” sebut Djoko.

Atas temuan ini selanjutnya Disbunak akan memeriksa hewan ternak baik sapi, kambing, maupun domba di semua kecamatan untuk kemudian dilakukan uji lab.

“Kita awasi ternak-ternak dan menelusuri penularan. Jika positif PMK, maka kita imbau untuk segera dilakukan pemotongan dan lokasi pemotongan disterilisasi,” urai Djoko. Djoko mengimbau pemilik peternakan untuk melakukan penyemprotan desinfektan.”Untuk petugas juga harus kondisi sehat dan bersih,” katanya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *