539 WB Rutan Kelas IIb Tanah Grogot Dapat Remisi HUT ke 77 RI

TANA PASER, MCKabPaser – Kegembiraan dirasakan oleh warga binaan rutan kelas IIb Tanah Grogot. Mengingat sebanyak 539 Warga Binaan (WB) Rutan Kelas IIb Tanah Grogot menerima remisi umum tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Republik Indonesia.

Penyerahan Remisi Umum (RU) bagi Warga Binaan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Paser dr. Fahmi Fadli didampingi Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIb Tanah Grogot Doni Doni Handriansyah di Aula Rutan Kelas IIb Tanah Grogot, Rabu(17/08/2022)

Kegiatan penyerahan remisi umum ini dihadiri langsung oleh Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Paser dan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Penajam Paser Utara.

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mengatakan pemberian remisi kepada warga binaan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada warga binaan yang telah mengikuti program pembinaan.

Tujuan program pembinaan ini untuk menyiapkan mental, spritual, dan sosial agar warga binaan dapat diterima kembali ditengah masyarakat.

dr. Fahmi Fadli berpesan kepada warga binaan yang telah mendapatkan remisi dan kebebasan untuk menjadi insan yang lebih baik dan taat hukum.

“Selamat atas remisinya, jadilah insan yang taat hukum,” Ucap dr. Fahmi Fadli.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Paser dr. Fahmi Fadli akan terus mendukung fasilitas Rutan Kelas IIb Tanah Grogot agar mendapatkan pembinaan dan keterampilan secara maksimal.

Kepala Rutan Kelas IIb Tanah Grogot Doni Handriansyah menjelaskan remisi umum ini sebagai apresiasi dari negera kepada WB yang mengikuti pembinaan dengan baik dan telah menjalani persyaratan administratif dan subtantif di Rutan.

Doni menjelaskan syarat administratif yakni narapidana yang telah bersangkutan telah divonis, atau mendapatkan hukuman tetap, serta telah menjalani masa hukuman minimal 6 bulan masa pidana untuk kasus pidana umum.

“Sebanyak 539 WB yang tediri dari RU 1 (masih menjalankan pidana) 529 orang dan RU 2 (yang dibebaskan) 10 orang,” jelas Doni.

Pemberian remisi ini kata Doni diharapkan menjadi motivasi bagi warga binaan untuk berkelakuan baik, sehingga dapat diterima di masyarakat lagi.

(Tim Media Center Diskominfostaper Paser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *