Jelang Idul Adha, Disbunak Paser Turunkan Tim Pengawas ke Tempat Penjualan Hewan Ternak

Tana Paser – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser menurunkan tim pengawas di tempat penjualan hewan ternak jelang hari raya Idul Adha 1443 H/2022.

“Seminggu terakhir kami intens melakukan pengawasan ke tempat penjualan hewan,” kata Kepala Disbunak Djoko Bawono melalui Kabid Kesehatan Hewan Kesmavet drh. Al-Habib, Senin (27/06/2022).

Dikemukakannya tim pengawas, kata Al-Habib, terdiri dari petugas Disbunak Paser dan UPTD Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) setiap kecamatan.

Meski Kabupaten Paser masih terbilang aman dari penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti sapi, kambing, dan domba, Disbunak Paser tetap mewaspadi penyebaran penyakit tersebut.

Lanjut Al-Habib, daerah-daerah di Kaltim belum terpapar PMK sehingga tidak ada pendistribusian vaksin PMK sebagaimana yang dilakukan daerah terpapar seperti di Jawa Timur.

“Pemberian vaksin dikhususnya daerah terpapar,” ujarnya.

Saat ini, kata Al-Habib, Disbunak Paser bersama kepolisian juga terus melakukan pengawasan distribusi hewan ternak di dua titik perbatasan yakni di Kecamatan Muara Komam dan Batu Engau.

“Beberapa kendaraan pengangkut hewan dari Kalsel kami minta putar balik,” ujarnya.

Al-Habib berharap pegawasan ternak yang intens dilakukan itu dapat membuat pelaksanaan Idul Adha berjalan lancar terutama masyarakat bisa mengkonsumsi daging yang sehat.

“Pada saat hari raya kurban nanti kami juga turun ke tempat pemotongan di rumah ibadah untuk mengecek kondisi kesehatan ternak,” ujarnya.

Pewarta : Hutja Editor : Ropi’i

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *