APBD Paser ditetapkan Rp2,7 Triliun, Bupati : Tahun ini Implementasi PASER MAS

TANA PASER, MCKabPaser – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Paser pada tahun 2022 sebesar Rp2,7 Triliun lebih. Struktur APBD 2022 disetujui DPRD melalui rapat paripurna persetujuan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) APBD Kabupaten Paser tahun 2022, di ruang rapat Balling Seleloi, Senin (29/11/2021). Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi, dihadiri Bupati Paser dr. Fahmi Fadli dan Wabup Paser Masitah, unsur Forkopimda, dan kepala perangkat daerah.

“Struktur anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2022 sebesar Rp2,7 Triliun lebih,” kata Bupati Paser dr. Fahmi Fadli saat rapat paripurna tersebut.

APBD sebesar Rp2,7 Triliun itu, dengan rincian pendapatan daerah sebesar Rp1,8 Triliun lebih dan anggaran belanja sebesar Rp2,9 Triliun lebih.

Dari total rencana pendapatan dan belanja daerah, kata Bupati Fahmi, terdapat selisih kurang antara rencana pendapatan dengan belanja daerah sebesar Rp888 Miliar lebih.

“Selisih kurang tersebut merupakan defisit anggaran, dan akan ditutupi dari penerimaan pembiayaan sebesar Rp900 Milyar,” ucap Bupati Fahmi.

Bupati menerangkan, anggaran untuk menutupi kekurangan tersebut diperoleh dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya sebesar Rp300 Miliar dan penerimaan pinjaman daerah sebesar Rp600 Miliar. Sementara pengeluaran pembiayaan untuk penyertaan modal daerah sebesar Rp11 Milyar lebih.

“Sehingga dengan demikian APBD Kabupaten Paser tahun 2022 menganut anggaran berimbang atau Zero Defisit,” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, dengan ditetapkannya APBD 2022, ini maka dimulainya implementasi awal dari visi Paser MAS (Maju, Adil, dan Sejahtera) karena pada saat bupati dilantik saat anggaran tahun 2021 telah ditetapkan.

“Karena itu, saya harapkan, kita bisa menyusun perencanaan untuk tahun 2022 dengan benar-benar memperhatikan kebutuhan mendasar masyarakat, lakukan skala prioritas, sesuaikan dan selaraskan dengan Paser MAS dan program kerja, rencana strategis dan rencana kerja di masing-masing Perangkat Daerah,” ujar Bupati Fahmi.

Pewarta : Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *