BPBD Paser Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Kontijensi Penanganan Banjir

TANA PASER, MCKabPaser – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Paser menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan dokumen rencana kontinjensi dalam hal penanggulangan darurat bencana banjir di Pendopo Kabupaten, Rabu 18 Maret 2020.

Penyusunan dokumen dihadiri Provinsi Kaltim, Kepala Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan Sabaraji, BMKG Balikpapan Mulyono Leonardo, Basarnas Balikpapan Tri Nurcahyo, dan diikuti peserta dari perwakilan organisasi perangkat daerah.

“Kami gelar bimtek untuk menyusun satu dokumen rencana kontenjensi bencana banjir yang akan digunakan saat penanganan bencana banjir terjadi ,” Kata Sabaraji, di Tana Paser (18/03/2020).

Ia juga menerangkan penanggulangan banjir di Kabupaten berfokus pada peta rawan bencana di beberapa kecamatan. Diantaranya hasil pemetaan banjir di Kecamatan Long Kali dan Long Ikis.

Skenario yang dibuat dalam dokumen kontijensi lanjut Sabaraji yakni upaya penanganan banjir dari aspek infrastuktur, sarana dan prasarana, aspek sosial ekonomi, dan kesehatan.

Bimtek yang digelar untuk mendapatkan kesepakatan dalam menanggulangi banjir dalam bembentuk organisasi ketika banjir.

“Materi kita lebih cenderung kesepakatan bersama untuk menangani banjir seperti tentang bagaimana membentuk organisasi ketika terjadi banjir,” tegas Sabaraji.

Sabaraji menambahkan dalam organisasi adanya penguraian tugas masing-masing bagian,

“Misalnya bagian domestik nanti ada materi domestik bagian perencanaan dan bagian-bagian lainya kemudian fungsi-fungsi dari setiap sektor ,” Kata Sabaraji.

Ahmad Sabaraji berharap bimtek ini dapat memperoleh masukan anggaran dari para peserta.

Sehingga nantinya dapat disusun dokumen secara komprehensif yang akan digunakan saat banjir terjadi.

Total Views: 1046 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *