Bumdes ‘Amanah’ lengkapi peralatan AMDK dan sertifikat halal

Tana Paser – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Padang Jaya di Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser akan melengkapi peralatan untuk menunjang pembangunan pembangunan pabrik air minum dalam kemasan (AMDK) setelah mendapat kucuran dana dari pemerintah sebesar Rp60 Juta.

“Bantuan yang kami terima nanti untuk membeli peralatan, pembangunan laboratorium, dan kelengkapan lain,” kata Direktur Bumdes ‘Amanah’, Sunarti, Senin (11/12).

Selain memenuhi kelengkapan bangunan dan fasilitas penunjang, lanjut Sunarti, Bumdes ‘Amanah’ juga akan melengkapi dokumen yang dipersyaratkan seperti sertifikat halal dari MUI dan SNI.

“Kami juga menyusun dokumen legal lainnya. Kami targetkan tahun depan sudah peroleh sertifikat SNI,” ujar Sunarti.

Sunarti menambahkan, bangunan fisik pabrik saat ini sudah berdiri dan pihaknya sudah menyesuaikan tata letak bangunan sesuai standarisasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Permintaan BPOM bangunan harus disekat beberapa ruang,” katanya.

Sunarti mengatakan bantuan keuangan ini sangat membantu bagi pembangunan pabrik AMDK yang sempat terhenti karena pandem  di mana pada saat itu anggaran banyak difokuskan untuk penangangan Covid-19 dan bantuan langsung tunai.

Sementara Kepala Desa Padang Jaya, Dzikri Zulkarnain, mengatakan bantuan keuangan yang diterima pemerintah itu difokuskan sepenuhnya untuk pembangunan pabrik AMDK.

“Secara umum bantuan itu untuk pengembangan usaha atau unit usaha dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan pelatihan maupun perjalanan dinas,” kata Dzikri. Ia berharap pembangunan pabrik AMDK di desanya segera rampung dan bisa diresmikan pada tahun 2024 mendatang.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *