Bupati Paser Dorong Transformasi Digital untuk Penerapan Smart City

TANA PASER, MCKabPaser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli mendorong transformasi digital guna mempercepat penerapan Smart City atau kota pinta guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Tujuan digitalisasi untuk menciptakan pelayanan yang efektif dan efesien, cepat, tepat, dan mudah diakses masyarakat,” kata Bupati Paser saat membuka kegiatan sosilalisasi tranformasi Digital Daerah yang diselenggarakan Bank Kaltimtara, di Hotel Kriyad Sadurengas, Rabu (19/01/2022).

Transformasi digital merupakan proses penggunaan teknologi digital dalam rangka mempercepat proses pelayanan dan aktivitas masyarakat. Pada sosialisasi yang diikuti para Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Paser itu, Bankaltimtara menghadirkan narasumber dari Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Wilayah Kaltim dan Bankaltimtara.

Bupati Fahmi menambahkan, transformasi digital merupakan bagian dari terciptanya program Smart City yang saat ini sedang dilakukan Pemkab Paser. “Penerapan kemudahan, kecepatan, efektivitas sangat diperlukan dalam pembangunan di Kabupaten Paser,” kata Bupati Fahmi.

Meski teknologi saat ini telah mengalami kemajuan, Bupati Fahmi berpesan kepada para pegawai untuk berhati-hati dalam menggunakan berbagai macam platform digital.

“Penyampaian informasi sedemikan cepat, jika tak melakukan digitalisasi akan ketinggalan. Namun kita harus tetap hari-hati dalam menggunakan teknologi yang bisa meninggalkan rekam digital,” ucapnya.

Bupati Fahmi mengapresiasi terselenggaranya sosialisasi ini karena menurutnya kegiatan ini. “Semoga acara Sosialisasi hari ini memberikan hasil signifikan dalam menggambarkan smart city Kabupaten Paser,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Informasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari apa yang sudah dilakukan Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah  (TP2DD) yang dibentuk pada tahun 2021 lalu.

“DKISP sangat mendukung kegiatan ini karena merupakan bagian dari smartcity, terutama untuk smart ekonomi dan governmentnya,” kata Ina.

Dalam mendukung ini kata Ina DKISP Paser telah menyusun masterpland yang akan dituangkan dalam kegiatan.  “Jadi tidak sebatas dokumen, apa yang kita susun di master plan smart city semoga di tahun ini bisa kita aplikasikan dan terapkan salah satunya elektronikfikasi digital berupa teansaksi keuangan,” ujarnya.

Dengan penerapan elektronikfikasi digital, lanjut Ina, pelaksanaan tata kelola pemerintah bisa dilakukan dengan transparan, akuntabel, dalam upaya meningkatkan Pendapatan Daerah (PAD).

DKISP sangat mendukung bagi Perangkat Daerah yang menerapkan baik belanja maupun pendapatan. “Kami akan siapkan infrastruktur dan aplikasinya,” tutup Ina.

Pewarta : Adhitia, Editor : Hutja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *