Bupati Paser Minta Bimtek APDESI Munculkan Inovasi Pembangunan Kepariwisataan

Tana Paser – Bupati Paser dr. Fahmi Fadli berharap Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Bali sejak 19 sampai 21 Juni 2023, dapat memunculkan inovasi baru dalam bidang pembangunan kepariwisataan di daerah.

“Dengan adanya bimtek hingga keluar daerah ini, saya yakin para peserta sudah mendapat gambaran, maka dari itu saya harapan bisa menghadirkan inovasi dan kreatifitas untuk membangun desa, agar lebih baik kedepan,” kata Bupati Fahmi yang menyempatkan hadir pada penutupan bimtek tersebut, Kamis (21/6/2023) malam.

Bimtek tentang manajemen esa pariwisata dan ekonomi kreatif itu diikuti sejumlah kepala desa, lerangkat desa, tokoh Perempuan, tokoh adat dan masyarakat. Menurut Bupati Fahmi kegiatan itu digelar untuk memajukan perekonomian dan mendorong partisipasi masyarakat terhadap potensi Desa, yang turut selaras dengan program Visi Paser Mas (Maju, Adil dan Sejahtera) terutama di bidang kepariwisataan.

Ia mengingatkan dari bimtek tersebut para perangkat desa dan masyarakat dapat membuka wawasan dan pikiran dalam menggali potensi yang dimiliki di setiap Desa.

“Sehingga upaya bersama dalam pengembangan dan kemajuan daerah di tingkat desa bisa terlaksana. Tentunya setelah berkunjung ke berbagai daerah di NTB dan Bali, terlihat adanya perbedaan baik dari segi pariwisata dan ekonomi. Sehingga melalui bimtek dan kunjungan ini, bisa menjadi motivasi lewat perbandingan daerah yang ada,” jelasnya.

Meskipun dalam kegiatan tersebut, hanya diikuti oleh 82 Desa sekabupaten Paser, dengan Total Peserta sebanyak 755 orang, namun Bupati Paser menyakini bahwa hal tersebut merupakan upaya besar yang dilakukan oleh Apdesi dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat.

“Dari bimtek ini semoga bisa menjadi pemicu agar desa mampu menggali potensi yang berdampak pada peningkatan ekonomi daerah, tidak hanya desa yang saat ini hadir saja, namun juga bagi seluruh desa di Kabupaten Paser,” pungkasnya.

Pewarta: Hutja, Editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *