Dari Lounching Gernas BBI,Produk UMKM Tak Kalah Berkualitas, Paser punya Aplikasi UKM TAKA

TANA PASER, MCKabPaser – Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengajak masyarakat membeli produk dalam negeri, utamanya produk UMKM yang dinilainya tidak kalah kualitas dengan produk luar negeri.

Ajakan itu disampaikan orang nomor satu di Provinsi Kaltim saat memberikan sambutan pada acara Grand lounching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (gernas BBI) 2021 yang dilaksanakan di Samarinda Convention Hall, Senin (12/10/2021) .

Wakil Bupati Paser H. Syarifah Masitah Assegaf berkesempatan hadir dalam acara tersebut bersama para kepala daerah dari dari Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur. Selain itu, para pelaku usaha, perusahaan dan mitra usaha juga hadir.

“Produk Dalam Negeri kita semakin baik. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mencintai produk bangsa sendiri,” kata Isran Noor.
Menurut Isran pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan tanah air selama hampir dua tahun ini, memunculkan dampak yang sangat luas bagi negara dan kehidupan di dalam masyarakat, seperti turunnya pertumbuhan ekonomi dan investasi, daya beli dan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, kata Isran, melalui Gernas BBI Pemerintah mengajak semua pihak untuk menggalakan pembuatan karya atau poduk Dalam Negeri dan memprioritaskannya kepada kita membelinya untuk pemenuhan berbagai kebutuhan.

“Gernas BBI banyak membantu, menstimulasi dan menginspirasi usaha-usaha lokal, usaha kecil dan menengah, termasuk BUM Desa dan BUM Desa Bersama untuk tumbuh berkembang, mendorong kebangkitkan ekonomi desa, serta memulihkan ekonomi nasional,” katanya.

Sementara itu Wabup Paser Syarifah Masitah Assegaf mengatakan Gernas BBI sangat bernilai positif bagi kemajuan UMKM di daerah dan harapan kita tentu ada produk unggulan Paser nantinya bisa menjadi bagian dari Gernas BBI.


“Kabupaten Paser turut berkomitmen dan sangat mendukung Gernas BBI yang menunjukkan semangat gotong royong dan kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan sebagai mitra usaha, para pelaku usaha dan masyarakat dengan berbelanja produk dalam negeri.

Utamanya produk UMKM, baik secara langsung maupun secara online (digital) yang sudah semakin memasyarakat,” katanya.

Salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Paser untuk kemajuan UMKM adalah meluncurkan aplikasi UKM TAKA yang digagas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) bersama Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian.

Aplikasi ini dapat diunduh di playstore. Tujuannya untuk promosi dan memudahkan pemasaran produk UKM.

Melalui aplikasi UKM TAKA pembeli bisa mengetahui aneka jenis produk dan langsung bertransaksi secara daring atau online dengan penjual apalagi pandemi Covid-19 ini orang banyak takut bertatap muka.

Melalui aplikasi ini promosi hasil UKM dapat lebih dikenal luas sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pelaku UKM. Foto : Istimewa

(tim mckab Paser)

Total Views: 29 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *