Delapan Ribu Buruh di Paser Terdaftar Dalam Serikat Pekerja

Tana Paser – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Paser mencatat sebanyak delapan ribu lebih buruh di Paser terdata dalam organisasi serikat pekerja masing-masing perusahaan.

Kabid Hubungan Industrial Disnakertrans Paser, Juliansyah, mengatakan sebanyak 8.952 buruh terdaftar dalam 58 serikat pekerja.

“Ada 8.952 telah memiliki kartu Anggota (KTA) serikat organisasi pekerja,” kata Juliansyah, Senin (15/5).

Juliansyah menilai serikat pekerja penting karena merupakan wadah buruh untuk menyampaikan aspirasinya.

“Kemitraan antara dunia usaha dengan dunia perburuhan yang berjalan baik sehat, dan harmonis akan mendorong tumbuhnya dunia usaha dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja,” katanya

Juliansyah berpesan kepada serikat pekerja dan perusahaan untuk menjalin kemitraan yang baik. Di samping itu, para pekerja sebagai unsur terpenting dalam dunia usaha harus bekerja secara profesional.

Ia mengakui, seiring perjalanan waktu hubungan antara pekerja dan dunia usaha, kadang muncul perbedaan sehingga menimbulkan gejolak ketenagakerjaan.

“Maka dari itu setiap menghadapi persoalan, hendaknya lebih mengedepankan komunikasi atau dialog,” imbuh Juliansyah.

Sub Kordinator Kelembagaan dan Syarat Kerja pada Disnakertrans Paser, M.Hafidz Sahid mengemukakan pihaknya mencatat secara keseluruhan ada 95 serikat buruh di Paser.

“Dari 95 total serikat buruh yang anggota 13.192 orang baru terverifikasi 58 serikat dengan anggotanya 8.952 orang,” katanya.

Hafidz mengatakan pihaknya masih terus melakukan verifikasi administrasi terhadap pembentukan serikat buruh.

Lebih lanjut ia menerangkan, para pekerja dalam serikat buruh dapat memperjuangkan aspirasi dan hak-haknya. Kata dia, memperjuangkan aspirasi melalui serikat buruh lebih efektif yang mengedepankan upaya dialog.

Gejolak ketenagakerjaan, katanya, harus dapat dihindarkan agar kinerja ekonomi di daerah terus tumbuh, dan dunia usaha berkembang hingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan pekerja.

Hafidz menambahkan, keberadaan serikat pekerja terlihat dalam berbagai aksi atau kegiatan diantaranya pada peringatan hari buruh sedunia atau May Day.

“Terima kasih kepada teman teman serikat pekerja di kab Paser dalam kegiatan May Day tahun 2023 dilaksanakan dengan kegiatan bakti sosial di isi kegiatan pembagian sembako ke pesantren dan yayasan peduli serta sunatan massal menjadi kegiatan positif yang manfaat,” ujarnya.

Pewarta : Hutja editor : Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *