Dicari, 30 Warga di Paser Jadi Komcad, ASN Juga Bisa Mendaftar

Tana Paser, MCKabPaser – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membuka pendaftaran Komponen Cadangan (komcad) tahun 2022 dan untuk di Kabupaten Paser dicari 30 orang Komcad dari kalangan sipil.

“Pendaftar tidak dibatasi berapa jumlahnya, silahkan siapa saja yang berminat bisa daftar langsung ke Kodim. Untuk Paser dijatah 30 orang,” kata Pasi Ops Kodim 0904 Paser Letda ( Inf ) Tabri, Kamis (24/03/2022).

Untuk bisa mendaftar anggota Komcad ini, pendaftar maksimal berusia 35 tahun

Tabri mengatakan pendaftaran Komcad terbuka untuk umum bahkan Pegawai Negeri Sipil atau ASN maupun pegawai swasta serta masyarakat yang sudah memiliki pekerjaan boleh mendaftar.

” Bagi peserta dari instansi pemerintah maupun swasta harus mendapat izin dari atasan atau pimpinan instansi. Karena mereka akan kembali ke instansi asal setelah selesai mengikuti pendidikan, ” katanya.

Selama tiga bulan, anggota Komcad akan menjalani pendidikan dasar militer seperti latihan fisik, bela diri, hingga latihan menembak dengan amunisi atau peluru tajam.

“Selama pendidikan seluruh biaya makan, penginapan ditanggung pemerintah. Bahkan dikasi uang saku,” ujarnya.

Setelah tiga bulan menjalani pendidikan, lanjut Tabri, peserta Komcad akan kembali berbaur dengan masyarakat.

Mereka yang telah mengikuti pendidikan komcad dan kembali ke masyarakat sewaktu-wajtu harus siap dipanggil ketika negara membutuhkan tambahan personil untuk sebuah operasi militer.

Layaknya anggota TNI, Komcad juga memiliki atribut seperti seragam, kepangkatan dan senjata. Namun atribut tersebut itu tidak diperkenankan disimpan masing-masing anggota komcad , melainkan dititipkan di Kodim setempat.

“Mereka dapat seragam, sama seperti kami, ada pangkatnya, tapi yang bedanya baju kami ada tulisan TNI, mereka tertulis Komcad. Mereka juga dapat senjata, ada nomor senjatanya. Tapi seragam dan senjatanya ditaruh di kodim,” terang Tabri.

Seleksi Komcad akan dimulai pada 8 Mei 2022 mendatang di Markas Korem di Samarinda. Sementara pendidikannya dilakukan di Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) Mulawarman di Kalimantan Selatan.

“Paling lambat daftar di Kodim Paser tanggal 4 Mei,” ucap Tabri.

Sugimin (34) salah satu pendaftar komcad di Kodim 0904 Paset mengatakan motivasinya mendaftar komcad, karena sejak kecil memang bercita-cita menjadi tentara.Namun cita-cita pria yang sehari-harinya bekerja sebagai petani sawit itu gagal karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi.

Sementara Dwi (22) warga Modang juga menyampaikan alasannya mengikuti komcad karena dari memang bercita-cita jadi anggota TNI tapi gagal.

“Tahun kemarin saya ikut seleksi bintara TNI tapi gagal di persyaratan administrasi, ” katanya.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *