Disbunak Paser Awasi Pemotongan Hewan Kurban Hingga Hari Ketiga Idul Adha

Tana Paser – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap sejumlah lokasi yang dijadikan tempat pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

“Mulai hari ini, tim pengawas sudah turun ke lokasi pemotongan hewan kurban, ” Kata Kepala Disbunak Djoko Bawono melalui Kabid Kesehatan Hewan Kesmavet Disbunak drh. Al-Habib, Sabtu (9/7).

Tim pengawas beranggotakan petugas dari Disbunak dan Petugas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di setiap kecamatan.”Untuk pengawasan di setiap kecamatan, dilakukan petugas puskeswan kecamatan, ” katanya.

Disbunak Paser, kata Habib, sudah mendapatkan data lokasi pemotongan seperti di masjid, instansi ataupun di tempat umum atau pribadi yang menyelenggarakan pemotongan hewan korban. Namun demikan ia menyarankan agar pemotongan hewan kurban terutama wilayah Kota Tanah Grogot dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH) Desa Jone.

“Agar semua kegiatan pemotongan hewan kurban tersentral di RPH, contohnya pengurus Masjid Agung akan melakukan pemotongan di RPH, ” katanya. Saran ini penting untuk mencegah kemungkinan lokasi pemotongan hewan di luar RPH menjadi media penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). “Meski di Paser belum ada ditemukan hewan yang terkena PMK, ” kata Al-Habib.

Bagi masyarakat yang melakukan pemotongan hewan di luar RPH, Al-Habib mengingatkan agar tetap memperhatikan kebersihan, higienitas maupun sanitasi selama kegiatan pemotongan.

Selain itu, kata Al-Habib, selama kegiatan pemotongan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Pengawasan tim ini, kata Al-Habib, akan dilakukan sampai hari ke-3 setelah lebaran idul Adha.

Pengawasan hewan kurban ini dilakukan sebelum dan sesudah hewan dipotong.

Sementara itu, pada Sabtu (9/7) Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Paser melakukan pemotongan hewan kurban setelah setelah warga Muhamadiyah melaksanakan sholat Idul Adha.

Sekretaris PD Muhammadiyah Kabupaten Paser Syarif Hidayatullah mengatakan pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH milik Muhammadiyah di KM 5 Tanah Grogot.

“Ada 21 ekor hewan kurban” katanya. Selama kegiatan pemotongan hewan kurban ini, kata Syarif, mendapat pengawasan petugas kesehatan hewan dari Disbunak Paser yang datang ke lokasi pemotongan.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Total Views: 12 ,

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *