Disperindagkop Beri Pelatihan Manajemen dan Laporan Keuangan kepada 30 Pengurus Koperasi

Tana Paser – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser menggelar pelatihan manajemen dan laporan keuangan rapat anggota Tahunan (RAT) kepada 30 pengurus koperasi, sejak 16 – 18 Mei.

Kepala Disperindagkop UKM Paser, Yusuf mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi pengurus koperasi. Data di Disperindagkop, dari 336 koperasi, baru 27 koperasi atau 8 % yang telah melaksanakan RAT.

“Hal ini dikarenakan memang karena banyak koperasi yang sudah tidak aktif lagi,” kata Yusuf, Selasa (16/5).

Belum dilaksanakannya RAT, menurut Yusuf, juga dikarenakan sebagian pengurus tidak memahami bagaimana manajemen laporan keuangan koperasi.

Yusuf berharap melalui pelatihan ini, koperasi yang menggelar RAT setiap tahunnya meningkat. “Sehingga kepercayaan anggota terhadap pengurus koperasi juga semakin bertambah,” ujarnya.

Lebih lanjut Yusuf menambahkan, pengelolaan keuangan koperasi yang baik akan menjadikan sebuah koperasi yang mandiri dan tangguh.

Yusuf mengutarakan persaingan di era digitalisasi saat ini menuntut koperasi harus lebih maju dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Dengan demikian Yusuf menilai, koperasi sebagai badan usaha bisa bersaing dengan pelaku ekonomi lain.

“Yang paling utama diperlukan, koperasi harus dikelola profesional serta tanggungjawab agar bisa terus berkembang,” ucap Yusuf.

Manajemen tata keuangan, diharapkan bia mencontoh perbankan serta memudahkan dan mempelajari arus kas dana yang ada di setiap koperasi. Mengingat koperasi saat ini sudah berusia 76 tahun, yusuf berharap koperasi di jaman ini bisa menyokong perekonomian masyarakat di desa dan kecamatan.

“Harapan kami kedepannya koperasi semakin aktif, sehat menuju koperasi yang modern,” kata Yusuf.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *