Disperindagkop Waspadai Kenaikan Harga Lima Komoditas di Pasar

Tana Paser – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Paser mewaspadai adanya kenaikan harga pada lima komoditas di pasar.

“Ada lima komoditas yang menjadi perhatian karena mengalami kenaikan harga secara nasional,” kata Kepala Disperindagkop UKM Paser, Yusuf, Senin (22/5).

Yusuf mengatakan kelima komoditas dimaksud yakni bawang merah, beras medium, gula pasir, ayam ras, dan telur ayam negeri.

Dia mengemukakan beras medium di Kabupaten Paser masih di harga Rp13 ribu per kilogram, bawang merah Rp50 ribu per kilogram, ayam ras ukuran sedang Rp45 ribu per kilogram, telur Rp33 ribu per kilogram, dan gula pasir Rp14 ribu per kilogram.

Di Kabupaten Paser komoditas yang mengalami kenaikan harga bawang putih yang saat ini harganya Rp38 ribu per kilogram. Bawang merah masih di harga Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per kilogramnya.

Yusuf menuturkan kenaikan harga sudah terjadi sebelum bulan Ramadan lalu dan hingga saat ini belum terjadi penurunan. “Namun untuk komoditas cabe di Kabupaten Paser masih relatif stabil,” ujarnya.

Disperindagkop Paser, kata dia, setiap hari melakukan pemantauan harga seluruh komoditas di pasar dan melaporkannya secara rutin ke Kementerian Perdagangan. Koordinasi dengan perangkat daerah terkait seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, dan Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah, juga terus dilakukan.

“Kami juga turut dalam kegiatan operasi pasar,” katanya.

Untuk menindaklanjuti kemungkinan adanya kenaikan harga, kata dia, pada hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Paser Kabupaten Paser menggelar rapat koordinasi. Pertemuan dilakukan untuk mencegah inflasi akibat kenaikan harga komiditas tersebut.

“Program jangka panjang untuk mencegah kenaikan harga dengan melakukan kerjasama dengan daerah lain penghasil lima komoditas tersebut,” tutup Yusuf.

Pewarta: Hutja, Editor: Ropi’i

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *